Jokowi Terbang ke Cina Pekan Ini, Bertemu Xi Jinping dan Bahas Bisnis

Andi M. Arief
25 Juli 2023, 13:23
jokowi, xi jinping, cina
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Akbar Nugroho Gumay/nym.
Presiden Joko WIdodo (kanan) berjabat tangan dengan Presiden China Xi Jinping (kiri) saat pertemuan bilateraL usai digelarnya KTT G20 Indonesia 2022 di Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11/2022).

Presiden Joko Widodo dijadwalkan bertolak ke Cina pada 27 hingga 28 Juli 2023. Kepala Negara berencana melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Cina Xi Jinping saat kunjungan kenegaraan tersebut.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Jokowi akan mengunjungi Kota Chengdu di Cina. Akan tetapi, Retno masih enggan mengumumkan misi yang akan dibawa Jokowi saat kunjungan kenegaraan ke Negeri Panda.

"Kalau bapak sudah di sana, baru bisa dikasih tahu. Tidak boleh mendahului," kata Retno di Istana Kepresidenan, Selasa (25/7). Retno menyebutkan pertemuan bilateral dengan Presiden Xi merupakan program utama kunjungan kenegaraan tersebut.  

Jokowi juga akan menghadiri sebuah pertemuan bisnis di Cina. Agenda terakhir Jokowi di Negeri Panda adalah menghadiri pembukaan olimpiade tingkat universitas sedunia atau Universiade 2023.

Retno menjelaskan Universiade adalah pekan pertandingan olahraga seperti olimpiade. Bedanya adalah atlet yang berlaga di Universiade setingkat mahasiswa.

Adapun hari ini Jokowi menerima rombongan pemerintah dan 30 pengusaha Hongkong di Istana Kepresidenan hari ini. Retno mengatakan kunjungan tersebut merupakan pertemuan awal dari proses investasi di dalam negeri.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...