Nasdem Ingatkan Anies Abaikan Faktor Partai Saat Pilih Sosok Cawapres

Ade Rosman
1 Agustus 2023, 13:09
Nasdem
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nym.
Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali (kedua kanan) bersama Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu DPP Partai Nasdem Sulawesi Rachmat Gobel (kanan) memberikan keterangan kepada media pada acara jelang Apel Siaga Perubahan (ASP) Partai Nasdem di Nasdem Tower, Jakarta, Rabu (12/7/2023).

Wakil Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Ahmad Ali berharap agar Anies Baswedan bisa independen dalam menentukan pilihan calon wakil presiden yang akan mendampinginya di pilpres 2024. Ali mengingatkan Anies agar memilih cawapres berdasarkan kriteria-kriteria yang telah disepakati bersama.

Menurut Ali, sebagai capres yang telah diusung Koalisi Perubahan Anies tak perlu mempertimbangkan apakah cawapres yang dipilih memiliki partai atau tidak. Ia menyebut pemilihan cawapres haruslah dengan pertimbangan yang matang. 

"Seseorang dipilih sebagai cawapres bukan pertimbangannya karena mempunyai partai, bukan pertimbanganya (untuk) Anies bisa maju saja," kata Ali dalam keterangannya, Selasa (1/8).

Lebih jauh Ali mengatakan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan bersama partai koalisi, cawapres Anies harus dapat membantu proses kemenangan. Selain itu cawapres pilihan harus bisa menjaga stabilitas koalisi dan bisa membantu untuk membuat proses pemerintahan berjalan efektif.

Ali menekankan, meski Anies diberi kebebasan memilih namun penentuan cawapres harus didasarkan pertimbangan yang kuat. Ia menyebut, saat Anies telah memilih cawapres pendampingnya, ia harus memberi penjelasan kepada partai pengusungnya dengan indikator yang rasional.

“Capres sekali lagi harus bisa menjelaskan kepada tiga parpol politik kenapa memilih ‘Si Fulan’, apakah karena bisa memenangkan kontestasi. Bukan memilih ‘Si Fulan’ karena jika tidak memilih ‘Si Fulan’, maka kita tidak bisa maju," kata Ali.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...