Survei LSI Ungkap 4 Sebab Elektabilitas Prabowo Kian Tinggalkan Ganjar

Ade Rosman
1 Agustus 2023, 05:55
Survei
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat panen di Kebumen, Jateng, Kamis (9/3). Foto: Youtube/'Sekretariat Presiden.

Temuan survei terbaru yang dirilis Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan melebarnya jarak elektabilitas Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024. Pada survei yang dirilis Senin (31/7) ditemukan jarak elektabilitas sekitar 10,4% di antara keduanya. Prabowo memperoleh 52% sedangkan Ganjar 41,6%.

Direktur CPI - LSI Denny JA Hanggoro Doso Pamungkas memaparkan temuan survei mengalami sedikit pergeseran dibanding survei sebelumnya. Pada Juni 2023, Prabowo mendapatkan 50,4%, Ganjar 43,2%. Kemudian, Mei 2023 Prabowo 44,5%, Ganjar 38,1%. 

Hasil berbeda terlihat dari temuan Januari 2023 saat Ganjar unggul dengan memperoleh 43,1% dan Prabowo mendapat 38,5%. Hanggoro menyebut terdapat empat blunder Ganjar dan Megawati yang berakibat pada melebarnya suara dengan Prabowo.

"Setidaknya LSI melakukan penelitian kualitatif dan kami mendapati adanya dua poin yang mempengaruhi pergeseran tren elektabilitas,” ujar Hanggoro dalam paparannya, Senin (31/7).

Poin pertama adalah adanya empat blunder Ganjar dan Megawati. Sedangkan poin kedua dipengaruhi oleh gerakan cantik yang dilakukan Prabowo sebagai pesaing terdekat Ganjar. 

Blunder yang disebabkan faktor Ganjar dan Megawati menurut Hanggoro misalnya berkaitan dengan pernyataan tentang video porno yang pernah disampaikan Ganjar. Isu tersebut menurut dia tak disukai responden yakni sebanyak 86,1%. Terlebih, respons Ganjar mengenai hal tersebut yang semakin menjadikan responden menjauh.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...