Kualitas Udara Jakarta Buruk, Transportasi Dituding Penyebab Utama

Happy Fajrian
14 Agustus 2023, 15:25
kualitas udara, jakarta, polusi udara
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Suasana gedung-gedung bertingkat yang tertutup oleh kabut polusi di Jakarta, Kamis (27/7/2023).

Kualitas udara di DKI Jakarta akhir-akhir ini memburuk. Bahkan pada Minggu (13/8) pagi, Jakarta menempati peringkat pertama sebagai kota dengan udara terburuk dunia. Sektor transportasi dituding sebagai penyebab utama buruknya udara di Ibu Kota.

Menurut pengamat kebijakan publik Agus Pambagio, sumber polutan yang memenuhi udara di Jakarta berasal dari sektor transportasi. Situasi udara yang tercemar telah mencapai tingkat yang sangat mengkhawatirkan di Jakarta, bahkan termasuk dalam salah satu kondisi paling buruk di dunia.

Data menunjukkan, peta kualitas udara di Jakarta (OQAir) secara live kerap menunjukkan rata-rata kondisi di Jakarta adalah pada status tidak sehat bagi kelompok sensitif.

“Dalam situasi saat ini, kendaraan bermotor menjadi penyebab signifikan dari polusi udara di Jakarta, mencakup sekitar 57% dari total polutan,” ujar Dewan Proper Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ini, Senin (14/8).

Adapun, jumlah kendaraan bermotor khusus di DKI Jakarta mencapai sekitar 21,8 juta unit pada akhir 2022. Data tersebut tercatat dalam laporan Statistik Indonesia 2023 yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...