Jusuf Kalla Sebut Koalisi Gemuk Tak Jaminan Prabowo Menang di Pilpres

Ade Rosman
14 Agustus 2023, 16:38
Jusuf Kalla
Arief Kamaludin|KATADATA
Jusuf Kalla

Politikus senior Partai Golkar Jusuf Kalla berpendapat dukungan empat partai parlemen tak memberi jaminan Prabowo Subianto bisa menang di pemilihan presiden 2024 mendatang. Menurut Jusuf Kalla ada banyak faktor yang menentukan hasil di pilpres. 

Pria yang biasa dipanggil JK itu mengungkit torehan suara yang pernah ia dapatkan ketika maju sebagai pasangan calon bersama Susilo Bambang Yudhoyono pada 2004 silam. Menurut JK hasil pemilu tidak melulu berbanding lurus dengan dukungan di pilpres. 

"Tidak ada jaminan (akan menang), sama dengan saya waktu 2004, itu kami hanya didukung 11 persen, 4 partai. Tapi menangnya 60 persen. Jadi beda itu. Tidak simetris sama sekali," kata Jusuf Kalla di Kantor Pusat PMI, Jakarta Selatan, Senin (14/8).

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Republik Indonesia itu mengatakan, faktor yang lebih penting dibanding partai politik yakni tokohnya. Ia menyebut, sosok kandidat lah yang menjadi penilaian masyarakat dalam memilih Presiden.

"Kalau sudah masuk ke Pemilu itu, orang tidak lagi melihat partainya. Orang melihat orangnya," kata JK.

Mantan Ketua Umum Partai Golkar periode 2004-2009 tersebut pernah dua kali menjabat sebagai orang nomor dua di Indonesia. Pada periode 2004-2009, JK mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono. Kemudian pada 2014-2019 ia mendampingi Jokowi.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...