Maybank Marathon 2023 Catat Rekor Jumlah Peserta

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
26 Agustus 2023, 21:26
Maybank Marathon 2023 Catat Rekor Jumlah Peserta
Katadata

Maybank Marathon 2023 yang akan digelar pada Minggu, 27 Agustus 2023 di Bali Safari & Marine Park, Gianyar, Bali mencatat rekor jumlah peserta. Presiden Direktur PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) Taswin Zakaria mengungkapkan, peserta tahun ini berjumlah 13.600 pelari. Jumlah itu merupakan yang terbanyak sejak Maybank Marathon digelar pertama kali pada 2012.

“Kami melihat animo peserta yang tinggi pada penyelenggaraan Maybank Marathon 2023 yang ditunjukkan melalui jumlah peserta Maybank Marathon yang meningkat 37% dibandingkan tahun lalu. Peningkatan ini mencerminkan respon masyarakat yang semakin positif terhadap olahraga lari, serta meningkatnya kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat melalui olahraga tersebut. Demikian juga, peran Pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah melalui kebijakan yang mendorong mobilitas wisatawan maupun peserta Maybank Marathon 2023 untuk berkunjung ke Bali,” lanjut Taswin dalam konferensi pers di Taman Bhagawan, Bali, Sabtu (26/8/2023).

Taswin menambahkan, ketika pertama kali digelar pada 2012 lalu jumlah peserta hanya sekitar 3.600 orang. Ini artinya selama 12 tahun jumlah peserta naik lebih dari tiga kali lipat.

“Pada 2012 lalu, jumlah event lari marathon di Indonesia hanya 8 dalam setahun. Dalam kurun waktu 5 tahun, jumlahnya naik menjadi 80 event yang artinya 1-2 event lari marathon dalam seminggu. Kami tidak berani mengatakan lonjakan jumlah event marathon ini karena Maybank Marathon tapi Maybank Marathon bisa memberi inspirasi kepada banyak orang untuk menyelenggarakan event yang sama,” jelas Taswin.
Menurut Taswin, ketika pertama kali menggelar event ini tujuan utamanya adalah bagaimana menggalakkan cara untuk hidup sehat. Namun, seiring perjalanan waktu, Maybank Marathon mendapat pengakuan dari World Athletics dengan diberikannya label ‘elite’ pada 2020 lalu.

Kata Taswin, dirinya tidak pernah menyangka Maybank Marathon mendapat label elite dan masuk dalam kalender tahunan World Athletic.

“Saya melihat hal ini adalah konsekuensi penyelenggaraan event yang dilakukan sebaik-baiknya. Apakah Maybank Marathon ini nantinya bisa jadi salah satu dari World Major Marathon, biarkan itu jadi pengakuan dari pihak lain. Kami sebagai penyelenggara akan terus memegang amanat yaitu untuk memberikan yang terbaik. Jadi, kalau Maybank Marathon jadi World Major Marathon untuk sementara kami Aminkan dulu dan biar semua mengalir,” ungkap Taswin.

Selain meraih predikat elite, Maybank Marathon juga menjadi bagian dari ajang kualifikasi seri marathon World Championship Abbott World Marathon Major Wanda Age Group World Rankings serta menjadi salah satu qualifying race Boston Marathon.

Tahun ini, total hadiah yang disediakan untuk Maybank Marathon 2023 mencapai lebih dari Rp2,7 miliar untuk 86 pemenang, termasuk pemecah rekor. Adapun yang membedakan pada penyelenggaraan Maybank Marathon tahun ini ialah terjalinnya kerja sama sister marathon dengan Bangsaen42 Chonburi Marathon di Thailand. Di tahun pertama kerja sama ini, Maybank Indonesia akan memberikan slot lari gratis bagi total 40 finishers Maybank Marathon 2023 kategori Marathon Open, Marathon Nasional, dan Marathon Master yang berhasil mencatatkan waktu terbaik untuk mengikuti lomba kategori Marathon (42,195 km) di Bangsaen42 Chonburi Marathon pada November 2023.

Reporter: Doddy Rosadi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...