Partai Demokrat Resmi Tak Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024

Ade Rosman
1 September 2023, 19:26
Demokrat, anies baswedan
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan pidato yang mengangkat tema Agenda Perubahan dan Perbaikan untuk Indonesia yang Lebih Baik, di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Jumat (14/7) malam.

Partai Demokrat resmi mencabut dukungan terhadap Anies Baswedan sebagai calon presiden atau capres dalam pemilihan presiden alias Pilpres 2024. Ini merupakan hasil dari rapat Majelis Tinggi Partai yang dilaksanakan di Puri Cikeas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat sore (1/9).

“Partai Demokrat mencabut dukungan Anies Baswedan sebagai calon presiden di Pilpres 2024,” kata Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Malarangeng usai rapat, Jumat sore (1/9).

Andi mengungkapkan, Partai Demokrat juga keluar dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan. Koalisi ini diisi oleh Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera atau PKS.

“Partai Demokrat tidak lagi berada di Koalisi Perubahan untuk Persatuan, karena terjadi pengingkaran kesepakatan yang dibangun selama ini," kata Andi.

Keputusan itu merupakan buntut dari perjodohan Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa alias PKB Muhaimin Iskandar sebagai pasangan dalam Pilpres 2024.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...