Bakal Duet Pemilu 2024, Cak Imin Lebih Kaya dibanding Anies Baswedan

Nur Hana Putri Nabila
4 September 2023, 16:10
Anies Baswedan dan Cak Imin menjadi pasangan bakal calon presiden dan calon wakil presiden.
Katadata
Anies Baswedan dan Cak Imin menjadi pasangan bakal calon presiden dan calon wakil presiden.

Bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan mendeklarasikan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) pada Sabtu (2/9). Keduanya mendapat dukungan Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Sebelumnya, Partai Demokrat membentuk koalisi bersama NasDem dan PKS mengusung Anies. Setelah deklarasi Anies-Cak Imin, Demokrat mencabut dukungannya.

"Partai Demokrat mencabut dukungan kepada Anies Baswedan sebagai calon presiden dalam Pilpres 2024," ujar Sekretaris Majelis Tinggi PD Andi Mallarangeng, dilansir Antara, Jumat (1/9).

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY menyatakan telah berlapang dada meskipun gagal menjadi cawapres pendamping Anies. Ia juga memberikan pesan kepada kader partai tersebut untuk tetap bekerja.

"Hari ini kami keluarga Partai Demokrat dengan berbesar hati, dengan kerendahan hati menyatakan move on dan siap menyongsong peluang-peluang baik di depan," kata AHY pidatonya di Kantor DPP Partai Demokrat Jakarta Pusat, Senin (4/9).

AHY juga memberikan selamat kepada Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai kandidat pasangan calon presiden dan calon wakil presiden 2024. "Ke depan, semoga sukses," kata AHY.

Berapa harta kekayaan Anies?

Berdasarkan situs elhkpn.kpk.go.id harta kekayaan Anies Baswedan pada akhir jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta mencapai 18 miliar. Kekayaan Anies tersebar dalam bentuk tanah dan bangunan, alat transportasi dan mesin, surat bergerak lainnya, surat berharga, kas dan setara kas, serta harta lainnya.

Halaman:
Reporter: Nur Hana Putri Nabila
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...