Survei Terbaru: Baru 20% Pemilih PKB Pilih Anies, Siapa Capres Idola?

Ira Guslina Sufa
15 September 2023, 11:56
Survei
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/hp.
Pasangan bacapres Anies Baswedan (kedua kiri) dan bacawapres Muhaimin Iskandar (kanan), Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu (kedua kanan), dan Ketua DPP NasDem Bidang Agama dan Masyarakat Adat Teguh Juwarno (kiri) memberikan keterangan kepada wartawan usai menggelar pertemuan di DPP PKS, Jakarta, Selasa (12/9/2023).

Survei terbaru yang dirilis Saiful Mujani Research and Consulting atau SMRC menemukan terdapat pergeseran tren dukungan suara pada pemilihan presiden 2024 mendatang. Peneliti Utama sekaligus pendiri SMRC Saiful Mujani mengatakan dukungan untuk Anies Baswedan mengalami penurunan setelah capres yang diusung Koalisi Perubahan itu memilih Muhaimin Iskandar sebagai calon wakil presiden. 

Saiful Mujani menjelaskan dalam konstelasi terbaru pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapatkan dukungan publik 16,5 %. Padahal menurut dia sebelum memilih Muhaimin, secara individual suara Anies biasanya berada di kisaran 20% berada di bawah Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. 

Hasil berbeda ditunjukkan saat Demokrat sudah tidak mendukung Anies dan digantikan oleh PKB dengan suara Anies berada di angka 16%. Sedangkan Partai Keadilan Sejahtera masih menunggu putusan Musyawarah Majelis Syuro.   

“Bila suara Anies-Muhaimin sekarang sekitar 16 %, ini mungkin mencerminkan kekuatan dua partai, bisa PKB dengan Nasdem atau Nasdem dengan PKS,” ujar Saiful. 

Lebih jauh ia mengatakan dari temuan survei dapat terlihat dukungan pada Anies sangat minim berasal dari kelompok independen dan hanya berasal dari partai pendukung. Bila dilihat dari data sementara tersebut, Anies belum memberikan efek ekor jas karena suara pendukungnya masih merupakan suara partai.

Mengenai sebaran dukungan yang diraih Anies, Saiful menyebutkan hasil survei mengindikasikan harapan pemilihan Muhaimin bisa meningkatkan suara Anies justru belum terlihat hasilnya.  Survei ini menunjukkan bahwa baru sekitar 20 % pemilih PKB yang mendukung Anies-Muhaimin. Menurut Saiful, ini menunjukkan bahwa pemilih PKB mungkin membutuhkan waktu untuk mendukung pasangan tersebut.

“Sebelumnya, kecenderungan pemilih PKB memang memilih Ganjar dan Prabowo, tidak ke Anies. Ini tantangan untuk PKB dan tim Amin untuk menarik dan meyakinkan pemilih PKB sendiri,” kata Saiful.

Ia melanjutkan bahwa sebenarnya ekspektasinya Muhaimin tidak hanya membawa gerbong PKB, namun juga NU secara lebih luas. Gerbong NU lebih besar dari PKB. Jika NU cukup banyak yang mendukung pasangan ini, harapannya adalah mereka akan mendapatkan suara yang cukup besar.

"Dari total pemilih PKB saat ini sebanyak 30% memilih Ganjar Pranowo - Ridwan Kamil, dan sebanyak 38% untuk Prabowo Subianto - Erick Thohir. 

Tren Dukungan Pemilih Partai Pendukung Anies 

Saiful memaparkan berdasarkan survei pemilih Nasdem hanya 54 % yang memilih Anies - Muhaimin. Sebanyak 15 % memilih Ganjar-Ridwan, dan 31 % Prabowo-Erick.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...