Mendag Pastikan Stok Beras Aman Meski Indonesia Kesulitan Impor

Image title
17 September 2023, 13:37
beras
ANTARA FOTO/Arnas Padda/nym.
Ilustrasi, petugas mengecek stok beras di gudang Perum Bulog Makassar di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (7/9/2023).

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memastikan stok beras nasional masih aman, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir meski Indonesia kesulitan mengimpor beras dari sejumlah negara.

"Stok (beras) kita banyak, ada 1,6 juta ton, tidak usah khawatir," kata Zulkifli, dilansir dari Antara, Minggu (17/9).

Ia menjelaskan, keamanan stok beras ini selain dari stok 1,6 juta ton beras yang ada di dalam gudang, saat ini sudah ada 400.000 ton beras lagi yang masih dalam perjalanan. Meski demikian, ia tidak menampik bahwa tambahan beras impor masih diperlukan meski persediaan hingga kini masih aman.

Karena stok beras masih melimpah, menurut Zulkifli, pemerintah berani menggelontorkan bantuan beras kepada masyarakat secara besar-besaran dengan alokasi 10 kilogram (kg) per kepala keluarga (KK).

Ia mengatakan, pemerintah telah mengalokasikan bantuan beras dengan sasaran 21 juta KK lebih selama periode September, Oktober, November 2023.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi mengungkapkan rencana pemerintah mengimpor beras kian pelik seiring kebijakan negara produsen yang membatasi ekspor komoditas pangan. Jokowi mencatat saat ini ada 19 negara yang membatasi ekspor pangan untuk mengamankan cadangan domestik.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...