Jokowi Akui Kesulitan Impor Beras Akibat Pembatasan Pangan Negara Lain

Muhamad Fajar Riyandanu
15 September 2023, 12:25
Presiden Jokowi saat memberikan orasi ilmiah pada Dies Natalis ke-60 IPB pada Jumat (15/9/2023).
Katadata
Presiden Jokowi saat memberikan orasi ilmiah pada Dies Natalis ke-60 IPB pada Jumat (15/9/2023).

Presiden Jokowi mengungkapkan rencana pemerintah mengimpor beras kian pelik seiring kebijakan negara produsen yang membatasi ekspor komoditas pangan. Jokowi mencatat saat ini ada 19 negara yang membatasi ekspor pangan untuk mengamankan cadangan domestik.

"Kita mau memperbesar cadangan strategis beras kita, mau impor juga sulit karena barangnya sulit didapatkan," kata Jokowi saat memberikan orasi ilmiah pada Dies Natalis ke-60 IPB pada Jumat
(15/9).

India merupakan salah satu negara yang menghentikan laju ekspor beras ke pasar internasional sejak 20 Juli 2023. Jokowi menganggap keputusan India untuk menyetop ekspor beras ikut mengerek harga beras di seluruh dunia.

"Sekarang mencarinya sangat sulit karena ingin menyelamatkan rakyatnya sendiri," kata Jokowi.

Jokowi menyebut kondisi krisis pangan dunia saat ini ikut mempengaruhi kondisi cadangan strategis beras nasional. Suplai Impor beras belakangan relatif sulit karena kebijakan mayoritas negara produsen pangan yang kini menghentikan ekspor.

Keadaan tersebut makin diperparah dengan munculnya fenomena perubahan iklim, kenaikan suhu bumi, El Nino dan hingga kenaikan air laut dan kemarau berkepanjangan. "Kalau kita pikirkan ini khawatir, tapi saya kira tidak perlu khawatir karena yang paling penting solusinya seperti apa," ujar Jokowi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...