Gerindra: Penentuan Cawapres Prabowo Tunggu Demokrat Resmi Gabung

Ade Rosman
18 September 2023, 11:28
Gerindra soal cawapres prabowo
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/hp.
Bakal Calon Presiden yang juga Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (kedua kiri) bersama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) melihat seekor kuda saat acara Golkar Institute di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Budi Djiwandono mengungkapkan calon wakil presiden yang akan mendampingi Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024 akan ditentukan usai Partai Demokrat secara resmi bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju. Meski telah menyatakan secara langsung dukungan untuk Prabowo pada Minggu (19/7) namun Demokrat belum mengumumkan sikap itu ke publik. 

"Semua hal-hal teknis khususnya cawapres dan sebagainya akan dikomunikasikan, diputuskan bersama-sama nanti pada saatnya Partai Demokrat sudah secara resmi mendeklarasikan pilihan politiknya," kata Budi di Hambalang, Bogor, Jawa Barat seperti dikutip dari siaran Kompas TV, Senin (18/7). 

Budi menjelaskan keputusan mengenai cawapres pendamping Prabowo akan dibahas secara bersama oleh para Ketua Umum partai politik di Koalisi Indonesia Maju. Karena itu koalisi akan menunggu kedatangan Demokrat yang telah menyampaikan dukungan dan komitmen bergabung mendukung Prabowo. 

Sebelumnya Partai Demokrat memang telah menyampaikan dukungan secara resmi kepada Prabowo Subianto untuk maju sebagai bakal calon presiden pada Pilpres 2024. Dukungan itu disampaikan secara langsung oleh Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kepada Prabowo di Hambalang, Bogor Jawa Barat, Minggu (17/9).

Pada pertemuan tersebut, turut hadir pula para pimpinan Partai Gerindra, Golkar, PAN, PBB, Partai Gelora, PSI, Partai Garuda, dan Partai Prima. Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya mengungkapkan deklarasi resmi dukungan terhadap Prabowo akan disampaikan oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dalam Rapimnas Partai Demokrat, Kamis (21/9) mendatang.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...