Pidato di FISIP UI, Ganjar Cerita Pernah Diminta Usir TKA Cina

Ade Rosman
18 September 2023, 14:43
Bakal calon presiden (Bacapres) dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo menyampaikan pidato politiknya saat menghadiri konsolidasi lintas partai politik pendukung di GOR Laga Tangkas, Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (22/7/2023). Konsolidasi terse
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/Spt.
Bakal calon presiden (Bacapres) dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo menyampaikan pidato politiknya saat menghadiri konsolidasi lintas partai politik pendukung di GOR Laga Tangkas, Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (22/7/2023).

Bakal calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Ganjar Pranowo bercerita pernah diminta untuk mengusir tenaga kerja asing atau TKA asal Cina ketika menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. Hal itu disampaikan mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut saat mengisi Ganjar akan hadir dalam kuliah kebangsaan yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI), Senin (18/9).

Dalam pidatonya, Ganjar menyatakan realisasi hilirisasi industri menuju kelas dunia membutuhkan sumber daya manusia. Atas alasan itu ia menyebut tidak tepat bila narasi yang dibangun kemudian bahwa harus mengusir TKA. 

"Jangan teriak-teriak ya, 'itu pegawai Cina, diusir Pak!'," kata Ganjar.

Ia mengaku pernah diminta untuk mengusir TKA Cina saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. Menanggapi desakan itu, Ganjar merespons dengan mempertanyakan apakah akan bisa menggantikan kinerja seandainya benar dilakukan pengusiran.

"Pengalaman di Jawa Tengah dulu gitu, 'Ya sudah kita usir saja besok pagi, tapi kamu bisa gantikan enggak?'," kata Ganjar.

Ia menyebut, respons tersebut menunjukkan bahwa dirinya merupakan seseorang bertipikal blak-blakan ketika menjawab suatu desakan atau permintaan masyarakat. Hal itu menurut dia berbeda dengan jawaban umum yang kerap disampaikan pejabat misalnya dengan menyebut akan menampung masukan dan dibicarakan kemudian. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...