Top Stories: Bursa Karbon RI Kunci Dekarbonisasi, Tren Baterai LFP

Aryo Widhy Wicaksono
19 September 2023, 12:01
Foto udara kawasan hutan lindung Jayagiri di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat (16/62023).
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/tom.
Foto udara kawasan hutan lindung Jayagiri di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat (16/62023).

Pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumumkan perdagangan karbon melalui bursa karbon, akan berlaku mulai 26 September 2023.

Keberhasilan bursa karbon Indonesia dinilai menjadi kunci terhadap keberhasilan dekarbonisasi global. Sebab, Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki potensi terbesar dalam mengurangi emisi karbon.

Kondisi ini juga membuat Indonesia sebagai salah satu negara teratas yang menentukan dunia sanggup mengatasi upaya penurunan emisi karbon atau tidak.

Bursa karbon RI sebagai tolok ukur keberhasilan dekarbonisasi dunia menjadi salah satu artikel yang mendapatkan minat baca tinggi, dan masuk Top Stories Katadata.co.id. Selain itu, simak juga berita mengenai perubahan skema ganti rugi untuk warga Rempang, serta risiko warga Jakarta ketika DKI berubah status menjadi DKJ.

Berikut Top Stories Katadata.co.id:

1. OJK: Keberhasilan Bursa Karbon RI Kunci Penting Dekarbonisasi Dunia

Pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumumkan perdagangan karbon melalui bursa karbon akan dimulai pada 26 September 2023. Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar menilai keberhasilan bursa karbon Indonesia merupakan kunci keberhasilan dekarbonisasi global.

Menurut dia, hal ini lantaran tidak ada tempat lain di dunia yang memiliki potensi sebesar yang dimiliki Indonesia dalam mengurangi emisi karbon. Oleh karena itu, sebelum perdagangan karbon dimulai, OJK fokus pada peningkatan kapasitas bersama seluruh stakeholder terkait.

“Saya melihat dan kami menghitung secara global kalau Indonesia tidak berhasil melakukan langkah-langkah itu (perdagangan karbon), maka kita tidak bisa terlalu optimis bahwa dunia akan bisa berhasil,” ujarnya dalam Seminar Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca dan Peluang Perdagangan Karbon di Jambi, Senin (18/9).

Dia juga mengatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara teratas yang menentukan apakah dunia akan sanggup mengatasi upaya penurunan emisi karbon yang sangat penting ini. “Kita bukan bangsa yang ada di bawah, tapi justru salah satu yang paling atas,” ujarnya.

Simak bagaimana keberhasilan bursa karbon RI menjadi kunci penting dekarbonisasi dunia.

2. Pemerintah Ubah Skema Ganti Rugi Relokasi Rempang, Warga Dapatkan SHM

Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia menyebutkan pemerintah mengubah skema ganti rugi yang diberikan kepada warga Rempang yang terdampak investasi.

Menurut Bahlil besaran ganti rugi yang diberikan akan disesuaikan dengan aset yang dimiliki oleh warga tersebut.

Bahlil menjelaskan, uang ganti rugi yang diberikan pada warga disesuaikan dari hak-hak yang sebelumnya sudah ditetapkan dan akan diberikan kepada warga.

Dengan ketentuan yang baru, setiap warga akan mendapat tanah seluas 500 meter persegi sudah dengan alas hak, terdiri dari rumah tipe 45 seharga Rp 120 juta, uang tunggu transisi hingga rumah jadi sebesar Rp 1,2 juta per jiwa dan uang sewa rumah Rp 1,2 juta.

Menurut Bahlil proses ganti rugi juga akan disesuaikan dengan aset yang telah dimiliki oleh warga. Untuk warga yang telah memiliki tanah dengan alas hak dan rumah yang bagus di atas tipe 45, maka akan diganti dengan nilai yang setara.

Simak lebih lengkap skema ganti rugi relokasi Rempang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...