Dominasi Caleg Lama di Pemilu Jadi Sorotan, Nama Baru Bisa Sulit Masuk

Nur Hana Putri Nabila
25 September 2023, 17:31
pemilu 2024, caleg, dpr
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp.
Suasana Rapat Paripurna ke-6 Masa Persidangan I 2023-2024 di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/9/2023).

Sebanyak 93,5% dari calon legislatif petahana yang memutuskan untuk mencalonkan diri kembali dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Hal ini akan menjadi tantangan besar bagi nama-nama baru untuk masuk ke perlemen.

Ketua Departemen Politik dan Perubahan Sosial Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Arya Fernandes mengatakan sebagian dari mereka telah mengikuti pemilu dalam dapil tersebut lebih dari 2 periode. Kemudian, sekitar 53% dari petahana yang mencalonkan kembali juga mempertahankan nomor urut yang sama.

"Perkiraan kami akan masih cukup kompetitif dan ini akan menyulitkan caleg baru," kata Arya dalam Update Politik Nasional: Pemilu 2024, Peta Kompetisi Partai, dan Situasi Keamanan di Papua pada Senin, (25/9). 

Tak hanya itu, jumlah calon legislatif petahana yang pindah partai tidak sebanyak pada Pemilu 2019 lalu. Saat ini,  hanya ada enam calon petahana yang memutuskan untuk pindah partai. Sementara pada pemilu sebelumnya, lebih dari 30 yang melakukan perpindahan partai.

"Karena ketika itu ada konflik, misalnya Partai Hanura konflik ada dua kepengurusan, partai PPP konflik juga ada dua kepengurusan dan beberapa partai lainnya,” katanya

Sementara itu,  dari 575 anggota legislatif petahana, sekitar 90% dari mereka memutuskan untuk mencalonkan diri lagi dalam daerah pemilihan (Dapil) yang sama.

Alasan mereka memilih untuk maju kembali karena telah membangun kekuatan politik yang kuat selama masa jabatan. Ia mengatakan, peluang calon anggota legislatif petahana untuk kembali terpilih kemungkinan lebih tinggi dibandingkan dengan penantang baru. 

“Kalau dia maju di Dapil yang sama itu tentu dia sudah punya jaringan politik yang kuat jadi dengan politik yang terawat," katanya.

Halaman:
Reporter: Nur Hana Putri Nabila
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...