Syahrul Yasin Hilang Kontak di Eropa, Harvick Gantikan Tugas Mentan

Muhamad Fajar Riyandanu
3 Oktober 2023, 18:27
Mentan
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/foc.
Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi (kedua kiri) berbincang dengan petani jagung di area tani Masyarakat Agribisnis Jagung (MAJ) di Kampung Curug Manis, Serang, Banten, Rabu (3/8/2022).

Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi menyatakan mendapat tugas dari presiden Joko Widodo untuk menggantikan tugas Menteri Pertanian hingga Syahrul Yasin Limpo kembali ke Tanah Air. Saat ini Kementerian Pertanian kehilangan kontak dengan Syahrul usai menghadiri kunjungan kerja  ke Spanyol, Eropa. 

“Pak presiden mengarahkan kita agar tupoksi tetap berjalan sesuai tugas masing-masing di Kementan utamanya menyangkut teknis,” ujar Harvick usai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/10). 

Menurut Harvick ia menggantikan posisi Syahrul Yasin dalam kapasitas sebagai pejabat yang berada satu lingkup dengan Mentan. Apalagi ia dan Mentan Syahrul sama-sama dilantik oleh Presiden Jokowi. 

“Itu secara otomatis memang karena saya pejabat yang satu kotak dengan Pak Menteri. Sama-sama dilantik oleh Pak Presiden, tentu mengisi kekosongan apalagi yang bersifat policy, kebijakan, keputusan-keputusan strategis, tentu tidak harus berhenti,” ujar Harvick. 

Sebelumnya, Harvick mengungkapkan Kementan sudah hilang kontak dengan Syahrul Yasin Limpo selama tiga hari terakhir. Padahal seharusnya menurut Harvick Syahrul Yasin dijadwalkan kembali dari kunjungan kerja di Eropa pada Sabtu (30/9) lalu. 

"Sabtu (30/9) atau Minggu (1/10) harusnya (Syahrul Yasin Limpo) sudah kembali (ke Indonesia). Baru dua, tiga hari (tidak bisa berkomunikasi dengan SYL)," kata Harvick. 

Mentan Syahrul seharusnya hadir dalam rapat terbatas Kabinet Indonesia Maju terkait mitigasi dampak fenomena El Nino yang dilaksanakan di Istana Merdeka Jakarta pada Selasa (3/10). Kehadiran Syahrul diwakili oleh Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi.

Halaman:
Reporter: Nur Hana Putri Nabila
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...