Momen Kebersamaan Jokowi, Prabowo, dan SBY saat Upacara Parade Senja

Ameidyo Daud Nasution
9 Oktober 2023, 22:00
jokowi, prabowo, sby
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo bersama Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Kemenhan, Jakarta, Senin (9/10). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo sore hari ini menghadiri Upacara Parade Senja di Kementerian Pertahanan. Dalam acara tersebut, Jokowi duduk diapit antara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Presiden keenam Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono.

Dikutip dari Antara, Jokowi tiba di Kemenhan pada pukul 18.10 WIB. Saat tiba di Kemenhan, Jokowi disambut oleh Prabowo yang mengenakan Pakaian Dinas Upacara II berwarna putih.

Presiden lalu menyalami satu persatu hadirin seperti Wakil Presiden RI 1993-1998 Try Soetrisno, mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, hingga Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo.

Jokowi lalu duduk di sebuah kursi yang berada di dalam tenda. Terlihat, Prabowo duduk di samping kanan Presiden, sedangkan SBY berada di sisi kiri Jokowi.

Acara lalu dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan penurunan Bendera Merah Putih. Setelah itu, Jokowi, Prabowo, SBY, dan para tamu lainnya menyaksikan parade pasukan.

Jokowi meninggalkan lokasi acara di Kemenhan usai prosesi upacara berakhir. Sebelum meninggalkan lokasi, terlihat dirinya sempat bersenda gurau dengan Prabowo dan SBY.

Ini bukan pertama kalinya Jokowi, Prabowo, dan SBY mengikuti upacara yang sama. Pada 5 Oktober lalu, ketiganya menghadiri Upacara Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Kawasan Monas, Jakarta.

Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada perayaan HUT TNI di Monas, Jakarta, Kamis (5/10). Foto: Antar
Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada perayaan HUT TNI di Monas, Jakarta, Kamis (5/10). Foto: Antar (Antara)

Saat itu, SBY mengenakan seragam TNI AD berwarna hijau. Adapun, Prabowo memakai jas berwarna abu-abu lengkap dengan kopiah berwarna hitam.

SBY pekan lalu baru saja bertemu Jokowi di Istana Bogor. Saat itu, Jokowi mengatakan pertemuan dengan pendahulunya itu membahas situasi politik 2024.

"Silaturahmi berbincang-bincang terutama mengenai 2024, yang dibicarakan apa? rahasia," kata Jokowi kepada wartawan di Jakarta Convention Center pada Rabu (4/10).


Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...