Top Stories: Migas Butuh Investasi Jumbo, Cara Hadapi Debt Collector

Aryo Widhy Wicaksono
11 Oktober 2023, 13:19
Ilustrasi, kilang Pertamina Refinery Unit II.
Dok. Pertamina
Ilustrasi, kilang Pertamina Refinery Unit II.

Organisasi Negara Pengeskpor Minyak Bumi (OPEC) menyebutkan sektor migas dunia membutuhkan investasi jumbo untuk menjaga kestabilan pasar dan keamanan energi global. Jumlah yang mereka sebutkan dalam laporan World Oil Outlook, mencapai US$ 14 triliun atau sekitar Rp 220 kuadriliun hingga 2045.

Dalam laporan tersebut OPEC juga menaikkan prospek permintaan jangka panjang ke level 116 juta barel per hari (bph) pada 2045, naik sekitar 6 juta bph dibandingkan proyeksi pada laporan World Oil Outlook 2022.

Nilai investasi besar dalam sektor migas ini menjadi salah satu artikel yang memiliki minat baca tinggi, dan masuk Top Stories Katadata.co.id. Selain itu, simak juga artikel mengenai sejarah konflik Israel-Palestina, dan kiat untuk menghadapi debt collector platform pinjaman online atau pinjol.

Berikut Top Stories Katadata.co.id:

1. OPEC: Sektor Migas Dunia Butuh Investasi Rp 220 Kuadriliun hingga 2045

Kartel minyak dunia, OPEC, menyatakan dalam laporan World Oil Outlook terbarunya bahwa sektor migas dunia membutuhkan investasi US$ 14 triliun atau sekitar Rp 220 kuadriliun hingga 2045 untuk menjaga kestabilan pasar dan keamanan energi global.

Artinya investasi tahunan yang dibutuhkan sekitar US$ 610 miliar atau Rp 9,6 kuadriliun, dengan sebagian besar dari investasi tersebut dialokasikan untuk sektor hulu migas.

Total investasi yang dibutuhkan untuk sektor hulu migas dunia hingga 2045 sekitar US$ 11,1 triliun (sekitar Rp 174,46 kuadriliun), atau US$ 480 miliar (sekitar Rp 7,54 kuadriliun) per tahun. Sedangkan untuk sektor hilir dibutuhkan US$ 2,9 triliun (sekitar Rp 45,58 kuadriliun).

2. Pajak Pensiun, Pengertian, Ketentuan, dan Tarifnya

Dalam peraturan perpajakan Indonesia, segala penghasilan yang diterima oleh wajib pajak menjadi objek pengenaan pajak penghasilan atau PPh. Ini termasuk penghasilan yang diterima oleh wajib pajak yang telah pensiun dari pekerjaannya.

Sebagai informasi, pensiun adalah istilah yang merujuk pada tahap dalam hidup seseorang ketika mereka berhenti bekerja secara permanen. Biasanya karena telah mencapai usia pensiun yang ditetapkan oleh peraturan pensiun atau kebijakan perusahaan, atau karena keputusan pribadi untuk mengakhiri karir profesional.

Pensiun seringkali terkait dengan penerimaan manfaat pensiun, yang dapat berupa pembayaran bulanan atau lump sum dari dana pensiun yang telah dikumpulkan selama masa kerja. Nah, manfaat ini dikenakan pungutan, sehingga dikenal dengan istilah pajak pensiun.

3. Sejarah Konflik Israel-Palestina yang Terjadi Hingga Kini

Konflik antara Israel dan Palestina adalah salah satu konflik terpanjang dan paling kompleks dalam sejarah dunia modern. Konflik ini berakar pada pertengahan abad ke-20, dan penyebabnya melibatkan faktor-faktor sejarah, agama, budaya, dan politik yang rumit.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...