Cawapres Prabowo Diputuskan Besok, Erick Thohir Percepat ke Jakarta

Yuliawati
Oleh Yuliawati - Yura Syahrul
19 Oktober 2023, 21:13
Meneg BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Ruang Press Conference Stadion Utama Gelora Bung
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU
Meneg BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Ruang Press Conference Stadion Utama Gelora Bung

Koalisi Indonesia Maju pendukung Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden berencana mengadakan rapat penentuan calon wakil presiden pada Jumat (20/10). Terkait rapat penentuan itu, Menteri Negara BUMN Erick Thohir pun mempercepat kepulangannya ke Tanah Air.

Rencananya, Erick mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan kenegaraan ke Cina dan Arab Saudi hingga 22 Oktober mendatang. Namun, karena KIM hendak menentukan cawapres, Erick bersama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan kembali ke Indonesia lebih awal.

Mereka kemungkinan akan tiba di Tanah Air pada Jumat (20/10). "Sinyal posisi Erick (sebagai bakal cawapres) makin menguat," kata sumber Katadata.co.id di tim koalisi, Kamis (19/10).

Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga mengkonfirmasi rencana kepulangan Erick Thohir dan Zulhas. "Iya," kata dia kepada Katadata.co.id. Namun, Viva enggan menjelaskan keterkaitan kehadiran Erick dengan pemilihan cawapres.

Sinyal Erick akan menjadi pendamping Prabowo menguat seiring kabar terancam kandasnya rencana Prabowo dan KIM menggaet Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapresnya. Sumber Katadata.co.id yang mengetahui proses tersebut mengabarkan kans Gibran menjadi cawapres hampir tertutup karena PDI Perjuangan mempertahankannya dan mendorong putra sulung Presiden Joko Widodo itu di Tim Pemenangan Nasional pasangan capres cawapres Ganjar Pranowo - Mahfud MD.

Selain itu, faktor resistensi publik terhadap isu politik dinasti jika Gibran menjadi cawapres. "Batalnya Gibran ini juga akan memberikan gain kepada Presiden Jokowi sehingga tingkat popularitasnya kembali naik tinggi," kata sumber tersebut, Kamis (19/10).

Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional Eddy Soeparno mengatakan keputusan tentang penetapan capres prabowo akan dilakukan dalam forum ketua umum partai pendukung Prabowo. Forum pembahasan yang akan dipimpin Prabowo Subianto menunggu kembalinya Zulkifli Hasan dari lawatan.

“Segera setelah Pak Zul kembali kami perkirakan akan ada pertemuan dari para ketua umum untuk menentukan siapa yang paling pas menjadi cawapres,” kata Eddy.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...