Jokowi Resmikan Jalan Tol Indralaya-Prabumulih, Panjangnya 64 Km

Muhamad Fajar Riyandanu
26 Oktober 2023, 13:01
jokowi, tol, tol prabumulih
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Presiden Joko Widodo (keempat kanan) menyampaikan pidato didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (ketiga kanan), Kepala Staff Kantor Presiden Moeldoko (kelima kiri), Anggota DPR RI Komisi V Edi Santana Putra (Ketiga kiri) dan Ishak Mekki (keduan kanan), Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni (keempat kiri), Bupati Ogan Ilir (OI) Panca Wijaya Akbar (kedua kiri), Penjabat Wali Kota Prabumulih Elman (kiri) saat meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas simpang Indralaya-Muara Enim seksi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan operasional jalan Tol Indralaya-Prabumulih sepanjang 64,5 kilometer pada Kamis (26/10).  Jalan Tol Indralaya-Prabumulih merupakan Infrastruktur bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera di Sumatera Selatan.

Jalan tol tersebut melewati Kota Palembang, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Muara Enim, dan Kota Prabumulih. Pembangunan ruas tol ini sudah dilakukan sejak pertengahan 2019 dengan nilai investasi Rp 12,5 triliun.

Jokowi mengatakan meski biayanya besar, namun ia optimistis tol ini memberikan manfaat.  "Manfaat bagi masyarakat itu akan sangat luar biasa kalo kita bisa menaikkan produktivitas," ujar Jokowi dikutip dari konferensi pers yang disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi mengatakan pembangunan jalan tol itu mampu memangkas durasi perjalanan Lampung ke Palembang menjadi 3,5 jam. "Tadi malam saya bertemu dengan para tokoh masyarakat, tokoh agama. Beliau-beliau menyampaikan, dulu dari Palembang-Lampung itu memakan waktu 10-12 jam," kata Jokowi 

Jokowi berharap pengadaan infrastruktur jalan Tol Indralaya-Prabumulih dapat mempermudah aktivitas pengiriman dan logistik kawasan pertanian, perkebunan dan industri.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...