Proyek IKN yang Dimulai Jokowi Hari Ini, Bandara hingga Superblok

Muhamad Fajar Riyandanu
1 November 2023, 19:30
ikn, jokowi, ibu kota baru
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat ground breaking Bandara Ibu Kota Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memulai pembangunan proyek insfrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN) hari ini. Proyek tersebut terdiri dari transportasi hingga pendidikan.

Ini merupakan gelombang kedua proyek-proyek swasta yang dihadiri pembangunannya oleh Jokowi bulan lalu. Pada kunjungannya kali ini, Jokowi menghadiri pembangunan proyek sekolah hingga superblok pertama di ibu kota baru.

Berikut daftar proyek tersebut.

1. Rumah Sakit Hermina dan Mayapada

Jokowi memulai pembangunan dua rumah sakit milik swasta di IKN yakni Rumah Sakit Hermina dan Rumah Sakit Mayapada Internasional. Rumah Sakit Hermina akan fokus untuk kesehatan ibu dan anak, tumbuh kembang anak, orotopedi, onkologi, hingga neurologi. 

Rumah sakit senilai Rp 650 miliar itu bakal dilengkapi dengan fasilitas pelayanan gawat darurat. RS ini juga akan melayani pasien yang berobat dengan pendanaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

"Tidak hanya melayani pasien VVIP, tetapi juga pasien BPJS dan non BPJS. Ini sangat bagus sekali," ujar Jokowi saat memberikan sambutan pada acara Groundbreaking RS Hermina yang disiarkan oleh Youtube Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo saat groundbreaking RS Mayapada di IKN, Kalimantan Timur, Rabu (1/11). Foto: Antara.
Presiden Joko Widodo saat groundbreaking RS Mayapada di IKN, Kalimantan Timur, Rabu (1/11). Foto: Antara. (Antara)

Jokowi juga menghadiri groundbreaking proyek RS Mayapada Hospital Internasional di IKN. Jokowi mengatakan rumah sakit itu dapat beroperasi pada semester II 2024 dan siap memberikan pelayanan ibu dan anak, jantung, stroke hingga bedah ortopedi.

Jokowi yakin rumah sakit ini bakal memberikan pelayanan yang baik karena bekerja sama dengan Apollo Hospital dari India. Keberadaan rumah sakit tersebut juga diharapkan bisa menekan jumlah WNI yang berobat ke luar negeri.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...