Jokowi Kunci Komitmen Investasi di IKN Senilai Rp 45 Triliun

Muhamad Fajar Riyandanu
1 November 2023, 18:43
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Superblok Pakuwon di IKN, Jakarta, Rabu (1/11). Foto: Antara.
Antara
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Superblok Pakuwon di IKN, Jakarta, Rabu (1/11). Foto: Antara.

Pemerintah telah mengunci komitmen investasi proyek infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara senilai Rp 45 triliun. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa mayoritas komitmen investasi itu berasal dari investor dalam negeri.

"Sampai Desember, (komitmen investasi) yang sudah riil Rp 45 triliun," kata Jokowi kepada wartawan di sela-sela kunjungan kerja ke IKN, pada Rabu (1/11).

Lebih lanjut, Jokowi juga memastikan bahwa pembangunan fasilitas publik di IKN semakin progresif. Dia menyebut sudah ada pengerjaan terhadap tiga unit rumah sakit, dua mal, lima hotel, dan sebuah sekolah bertaraf internasional. "Semakin banyak investor yang berbondong-bondong (masuk ke IKN), utamanya investor dalam negeri," ujar Jokowi.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi menitipkan pesan kepada Kepala Otorita IKN Bambang Susantono untuk mengutamakan investor domestik yang ingin menanamkan modalnya di IKN. Dia juga meminta Bambang menetapkan kebijakan bagi para investor luar negeri yang ingin berinvestasi di IKN untuk bekerja sama dengan perusahaan lokal. "Memang pemerintah mengerem investasi luar negeri, dari dalam negeri dulu yang menggerakkan," kata Jokowi.

Peluang Investasi bagi Investor Global di Zona Tertentu

Kendati demikian, Jokowi tak menutup peluang bagi investor global di zona-zona tertentu, seperti pusat bisnis-keuangan dan zona kesehatan untuk mengakselerasi pembangunan rumah sakit bertaraf internasional. 

"Untuk zona besar, misalnya financial center mungkin investor dari luar negeri. Lalu zona kesehatan, mungkin bisa masuk rumah sakit internasional dengan (landasan) UU Kesehatan yang sekarang," ujar Jokowi.

Pada hari ini Jokowi telah melangsungkan groundbreaking proyek Bandar Udara IKN, dan Rumah Sakit Mayapada Internasional Nusantara. Jokowi mengatakan rumah sakit itu dapat beroperasi pada sementer II 2024 dan siap memberikan pelayanan ibu dan anak, operasi, dan penanganan gawat darurat seperti jantung, stroke hingga bedah ortopedi.

Selain itu, Jokowi juga meresmikan groundbreaking proyek Hotel-Mal Pakuwon Nusantara, Nusantara Intercultural School, Rumah Sakit Hermina hingga proyek Revitalisasi SD Negeri 020.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...