Tingkatkan Fasilitas Pendidikan Dasar di IKN, Jokowi Renovasi 6 SDN

Muhamad Fajar Riyandanu
2 November 2023, 08:01
jokowi, ikn, sekolah dasar, pendidikan
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Menteri perhubungan Budi Karya Sumadi menghadiri ground breaking Bandara Ibu Kota Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) gencar merenovasi fasilitas sekolah negeri untuk menarik masyarakat untuk pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Jokowi telah menyiapkan rencana jangka pendek untuk memperbaiki 6 sekolah dasar (SD) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Satu di antara sekolah yang akan direnovasi adalah SD Negeri 020 Sepaku. Proyek revitalisasi itu diperkirakan membutuhkan waktu 10 bulan. Rencana peningkatan kualitas sekolah negeri di IKN diharap mampu menjawab kekhawatiran masyarakat ihwal ketersediaan akses pendidikan dasar berkualitas di IKN.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) telah menyiapkan penempatan 16 ribu ASN di IKN Nusantara. Jokowi telah memerintahkan Menteri PAN-RB, Abdullah Azwar Anas untuk melakukan sejumlah persiapan pemindahan IKN, mulai dari jumlah ASN yang pindah, daftar nama, hingga penilaian.

"Jika nanti ada yang bertanya kepada saya lagi di mana anak saya yang kelas 2 sekolah kalau saya pindah, jawabannya sudah ada. Di SD Negeri 020 dan 5 SD lainnya," kata Jokowi saat memberikan sambutan acara Groundbreaking Revitalisasi SD Negeri 020, dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden pada Rabu (1/11).

Dia mengatakan bahwa pengerjaan renovasi SD negeri di Kabupaten Penajam Paser Utara, seluruhnya dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Jokowi berharap, perbaikan fasilitas SD Negeri di IKN bakal berdampak negatif pada perbaikan mutu dan kualitas pendidikan di sekolah tersebut. "Renovasi ini agar kualitas sarana dan prasarana ditingkatkan dan diperbaiki sehingga kualitas pendidikannya menjadi lebih baik," ujar Jokowi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...