Jokowi Minta Ridwan Kamil Beri Usulan Desain Arsitektur IKN

Muhamad Fajar Riyandanu
1 November 2023, 18:54
jokowi, ridwan kamil, ikn
Wahyu Dwi Jayanto|Katadata
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan pendapat saat diwawancari oleh CEO Katadata Metta Dharmasaputra di Bandung, Selasa (23/8).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil untuk mengikuti kunjungan kerja ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Jokowi sempat menjelaskan alasannya mengajak Ridwan Kamil. Ia membutuhkan saran dari Kang Emil untuk pengembangan infrastruktur di IKN karena mantan Gubernur Jawa Barat itu merupakan arsitek.

"Kami hanya ingin ajak untuk koreksi kalau ada hal yang kurang baik, utamanya berkaitan dengan arsitektur di IKN Nusantara," kata Jokowi kepada Wartawan di IKN, Rabu (1/11) seperti disiarkan dalam Youtube Sekretariat Presiden.

Menurut Jokowi, Kang Emil merupakan sosok yang punya keahlian mumpuni dalam merancang desain-desain arsitektur bangunan. Salah satunyab Masjid Al-Jabbar di kawasan Gedebage, Kota Bandung.

Masjid ini memiliki luas lantai 99 x 99 meter persegi yang disesuaikan dengan angka Asmaul Husna. Masjid ini terdiri dari 3 lantai yang mampu menampung sekitar 50.000 jamaah. Selain itu, Ridwan Kamil juga berperan dalam tim arsitektur untuk pembangunan Masjid Raya Padang di Sumatera Barat.

"Pak Ridwan Kamil itu adalah arsitek ternama yang memiliki desain-desain yang baik," ujar Jokowi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...