Anies Kritik Pengangguran dan Ketimpangan Belum Teratasi di Era Jokowi

Amelia Yesidora
8 November 2023, 12:48
Bakal calon presiden Anies Baswedan menyampaikan materi saat menghadiri US-Indonesia Investment Summit di Jakarta, Selasa (24/10/2023).
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Bakal calon presiden Anies Baswedan menyampaikan materi saat menghadiri US-Indonesia Investment Summit di Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Bakal calon presiden (Bacapres) Anies Baswedan mengatakan ketimpangan dan pengangguran merupakan masalah yang belum terselesaikan di Indonesia. Dia menilai pertumbuhan ekonomi belum berhasil menyelesaikan pengangguran dan ketimpangan.

"Pertumbuhan ekonomi kita belum berhasil menyelesaikan pengangguran tapi juga ketimpangan yang ada menjadi PR yang sesungguhnya," kata Anies dalam Sarasehan 100 Ekonom 2023 diadakan INDEF dan CNBC Indonesia, di Jakarta, Rabu (8/11).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menilai, investasi perlu lebih banyak mengalir ke sektor yang banyak menyerap tenaga kerja seperti sektor manufaktur dan pertanian. Dia mengkritik investasi di sektor pertambangan yang sangat tinggi, tapi tidak dinikmati oleh banyak orang.

Sektor pertambangan, kata dia, hanya menyerap 1 persen dari tenaga kerja. "Pertambangan yang menyerap 1 persen, investasi meningkat. Ini harus diubah. Kita harus mendorong sektor yang menyerap tenaga kerja untuk mengalami peningkatan," kata Anies.

Anies menuturkan laju Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Maluku Utara pada 2022 sebesar 22,94 persen, tapi penurunan tingkat pengangguran terbuka (TPT) sebesar 0,08 persen.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora, Antara
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...