Survei Indikator: Prabowo Kian Unggul, Ganjar Justru Menurun

Lona Olavia
12 November 2023, 16:08
Survei Indikator: Prabowo Kian Unggul, Ganjar Justru Menurun
ANTARA FOTO/Reno Esnir/rwa.
Bakal calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto berpidato saat menghadiri deklarasi dukungan dari Induk Koperasi Unit Desa (KUD) di Jakarta, Sabtu (4/11/20223).

Hasil survei Indikator Politik Indonesia menyebutkan bahwa dalam simulasi tiga nama bakal calon presiden, elektabilitas Prabowo Subianto mencapai 40,6%. Nama Prabowo mengungguli Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

“Dalam simulasi tiga nama, Prabowo unggul dari Ganjar dan Anies,” kata peneliti utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi saat merilis hasil survei bertajuk "Efek Gibran dan Dinamika Elektoral Terkini" yang dipantau secara virtual di Jakarta, Minggu (12/11).

Dia mengatakan, elektabilitas Prabowo memiliki jarak mencapai 12,8% dibandingkan Ganjar yang memperoleh 27,8%. Elektabilitas Anies mencapai 23,7%.

Menurut Burhanuddin, ada peningkatan elektabilitas yang cukup signifikan dari Prabowo, yaitu pada awal Oktober berada di angka 37%, temuan terbaru ada peningkatan menjadi 40,6%. Sebaliknya terjadi penurunan elektabilitas yang dialami Ganjar, yang semula 34,8% menjadi 27,8%.

"Anies terjadi peningkatan meski tak terlalu signifikan, dari 22,3% pada awal Oktober menjadi 23,7%,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, survei Indikator menemukan bahwa terlihat perubahan yang besar terjadi dalam periode waktu yang sangat singkat, hanya sekitar sepekan pasca-penutupan pendaftaran capres-cawapres di KPU, yakni 25 Oktober 2023.​​​​

Prabowo dan Anies masing-masing menguat sekitar 2-3%, sementara Ganjar tampak menyusut hingga sekitar 8%. "Akumulasi peningkatan dukungan terhadap Prabowo dan Anies tampak menjadi tanggungan Ganjar,” katanya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...