Jokowi Geram Rumah Sakit Indonesia di Gaza Diserang Rudal Israel

Muhamad Fajar Riyandanu
13 November 2023, 12:14
jokowi, israel, gaza
ANTARA FOTO/Umarul Faruq/Spt.
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kiri) dan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (kanan) memberikan keterangan pers di VVIP Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (10/11/2023) malam.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecam tindakan Israel yang membombardir fasilitas Rumah Sakit Indonesia di Gaza Utara pada 10 November lalu. Area sekitar RS Indonesia itu terkena serangan 11 rudal dalam satu hari.

Akibat peristiwa tersebut, kondisi rumah sakit itu hancur dan tercatat 20 warga Palestina tewas dan puluhan terluka.  Atas kejadian tersebut, Jokowi meminta Israel bertanggung jawab.

"Fasilitas publik dan kegiatan kemanusiaan tidak boleh menjadi sasaran serangan, dan Israel harus bertanggung jawab atas kekejaman yang telah dilakukan," kata Jokowi saat menyampaikan keterangan pers di Washington DC yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden pada Senin (13/11).

Jokowi juga mendesak Israel dan Palestina agar melaksanakan gencatan senjata untuk mengakhiri perang di Jalur Gaza. Dia juga mendesak Israel tidak menjadikan fasilitas publik dan kegiatan kemanusiaan sebagai sasaran serangan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyinggung pentingnya menghormati hukum humaniter internasional atau hukum perang (law of war) dalam konflik bersenjata.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...