Jokowi Temui Biden di Gedung Putih, Minta Konflik Gaza Dihentikan

Muhamad Fajar Riyandanu
14 November 2023, 14:50
jokowi, biden, gaza
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat, Senin (14/11). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Gedung Putih, Washington DC pada Senin, 13 November 2023.

Dalam pertemuan tatap muka antara kedua pemimpin negara tersebut, Jokowi menyampaikan agar kemitraan kedua negara dapat berkontribusi terhadap perdamaian global.

“Indonesia berharap agar kemitraan kita dapat berkontribusi terhadap perdamaian dan kemakmuran regional dan juga global,” kata Jokowi dalam siaran pers yang disiarkan oleh Youtube Sekretariat Presiden pada Selasa (14/11). 

Dalam kesempatan tersebut. Jokowi mengajak Biden untuk turut menghentikan konflik dan kekejaman yang terjadi di Gaza. “Hal ini merupakan sebuah hal yang sangat menyakitkan bagi umat manusia,” ujar Jokowi.

Kedua pemimpin bertukar pandangan mengenai krisis yang sedang berlangsung di Gaza. Jokowi juga menyampaikan pesan persatuan pada KTT Organisation of Islamic Cooperation atau Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Riyadh, Arab Saudi pada 11 November kemarin.

Jokowi dan Biden sepakat bahwa mereka harus bekerja sama dan dengan mitra regional lainnya untuk mewujudkan perdamaian lewat solusi dua negara.

Kedua pemimpin juga membahas perang di Ukraina dan menyerukan Rusia untuk sepenuhnya menarik diri dari wilayah Ukraina. Selain itu, keduanya juga menegaskan kembali dukungan bagi perdamaian jangka panjang dan denuklirisasi menyeluruh di semenanjung Korea.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...