Top News: Kecelakaan Maut di Lumajang, Gibran Jawab Isu Ijazah Palsu

Aryo Widhy Wicaksono
21 November 2023, 05:50
Petugas Ditreskrim Polda Jatim melakukan olah TKP kecelakaan mini bus bernomor polisi N 7646 T yang tertabrak kereta api (KA) Probowangi di Kecamatan Klakah, Lumajang, Jawa Timur, Senin (20/11/2023).
ANTARA FOTO/Irfan Sumanjaya/rwa.
Petugas Ditreskrim Polda Jatim melakukan olah TKP kecelakaan mini bus bernomor polisi N 7646 T yang tertabrak kereta api (KA) Probowangi di Kecamatan Klakah, Lumajang, Jawa Timur, Senin (20/11/2023).

Sebuah mobil minibus elf tertabrak KA Probowangi relasi Ketapang Banyuwangi - Surabaya, di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (19/11) malam. Kecelakaan tersebut menewaskan 11 orang yang merupakan penumpang mobil elf.

Kejadian bermula saat mobil elf bernomor polisi N 7646 T melintas di perlintasan kereta api tanpa palang pintu di KM 138+0 petak jalan antara Stasiun Randuagung-Stasiun Klakah pada pukul 19.53 WIB. Pada saat yang sama, KA Probowangi melintas sehingga tabrakan antara keduanya tak terelakkan.

Kecelakaan tersebut menjadi salah satu artikel terpopuler dan menjadi bagian dari Top News Katadata.co.id. Selain informasi mengenai kecelakaan di Lumajang ini, simak juga artikel mengenai Bank Saqu dari Astra International, serta jawaban Gibran menanggapi isu ijazah palsu.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Kronologi KA Probowangi Tabrak Mobil Elf yang Menewaskan 11 Orang

Sebuah mobil minibus elf tertabrak KA Probowangi relasi Ketapang Banyuwangi--Surabaya di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (19/11) malam. Kecelakaan tersebut menewaskan 11 orang yang merupakan penumpang mobil elf.

Kejadian bermula saat mobil elf bernomor polisi N 7646 T melintas di perlintasan kereta api tanpa palang pintu di KM 138+0 petak jalan antara Stasiun Randuagung--Stasiun Klakah pada Minggu (19/11) malam pukul 19.53 WIB.

Pada saat yang sama, KA Probowangi relasi Ketapang Banyuwangi-Surabaya juga melintas sehingga tabrakan antara keduanya tak terelakkan.

Mobil yang tertabrak kereta pun terlempar ke arah luar jalur kereta. Sebanyak 11 penumpang mobil elf tewas dalam kejadian tersebut, sedangkan empat orang mengalami luka berat dan telah dievakuasi ke RSUD dr. Hartato.

Menurut keterangan PT Kereta Api Indonesia, KA Probowangi sempat berhenti saat insiden tersebut. Masinis mengecek keamanan lokomotif dan rangkaian, serta para penumpang. Setelah memastikan kereta dan para penumpang kereta aman, masinis melanjutkan perjalanannya pada pukul 20.06 WIB.

2. Astra International Resmi Luncurkan Bank Saqu

PT Astra International Tbk (ASII) resmi meluncurkan Bank Saqu yang sebelumnya bernama PT Bank Jasa Jakarta (BJJ) pada Senin ini (20/11). Bank Saqu merupakan bank digital yang sahamnya dimiliki oleh Astra Financial dan WeLab Sky.

Direktur Astra sekaligus Director-in-Charge Astra Financial, Suparno Djasmin, mengatakan kehadiran Bank Saqu menjadi wujud aspirasi untuk menyediakan jasa layanan keuangan prima dan terdepan. Khususnya bagi segmen ritel dan UMKM dan turut serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Bank Saqu akan mendukung, melengkapi dan memperkuat ekosistem jasa keuangan Grup Astra, serta mendorong peningkatan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia," kata Suparno dalam konferensi pers di Menara Astra, Jakarta, Senin (20/11).

Suparno menjelaskan bahwa setiap bisnis baru dalam Grup Astra diharapkan memberikan kontribusi terbaik kepada seluruh pemangku kepentingan. Di samping itu, setiap langkah unit bisnis tersebut selalu diarahkan sesuai dengan cita-cita Astra, yaitu sejahtera bersama bangsa.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...