Awali Masa Kampanye Ganjar Sampaikan Visi di Papua, Mahfud MD di Aceh

Ade Rosman
27 November 2023, 14:49
Calon presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo menyapa para relawan dan simpatisannya di Lapangan PTC Entrop, Kota Jayapura, Papua, Selasa (21/11/2023). Dalam kegiatan tersebut Ganjar menyampaikan orasi politiknya dihadapan 5.000 relawan Ganjar Pranowo-Mah
ANTARA FOTO/Gusti Tanati/rwa.
Calon presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo menyapa para relawan dan simpatisannya di Lapangan PTC Entrop, Kota Jayapura, Papua, Selasa (21/11/2023). Dalam kegiatan tersebut Ganjar menyampaikan orasi politiknya dihadapan 5.000 relawan Ganjar Pranowo-Mahfud.

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD akan memulai kampanye di lokasi berbeda. Komisi Pemilihan Umum telah menetapkan masa kampanye dimulai pada Selasa, 24 November 2023 hingga Sabtu, 10 Februari 2024. 

Ganjar mengatakan akan memulai masa kampanye dari daerah dari barat sampai ke timur. Pada hari pertama masa kampanye, ia akan memulai kampanye dari Papua, sedangkan pasangannya, Mahfud MD akan bergerak dari Papua.

"Saya di Papua, Pak Mahfud di Aceh. Dari timur ke barat kami bergerak," kata Ganjar kepada wartawan di Hotel Grand Sahid, Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (27/11).

Sebagai bagian dari persiapan memulai masa kampanye, hari ini pasangan Ganjar - Mahfud beserta dua pasangan calon lainnya menghadiri agenda Rapat Koordinasi Nasional Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Rakornas Gakkumdu). Kegiatan digelar oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersama Kepolisian dan Kejaksaan.

Pada acara tersebut, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja mempersilakan para kandidat untuk menyampaikan visi misinya ke depan sesuai aturan. "Kiranya tanggal 28 November adalah kampanye, kami mempersilakan kepada peserta Pemilu untuk berkampanye seluas-luasnya dan sebanyak-banyaknya,” ujar Bagja. 

Lebih jauh Bagja mengatakan di masa kampanye para kontestan di pemilihan presiden dapat menyampaikan visi dan misi secara langsung kepada pemilih. Selain Ganjar dan Mahfud, KPU juga sudah menetapkan dua pasangan lain yaitu Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1 dan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka yang mendapat nomor urut 2. 

Pada pemilihan presiden 2024 ini, pasangan Ganjar dan Mahfud diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Perindo, dan Hanura. Sedangkan Anies - Muhaimin didukung oleh Partai Nasional Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Kebangkitan Bangsa. 

Sedangkan pasangan Pasangan Prabowo - Gibran diusung oleh Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelora, Partai Garuda, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Prima. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...