TKN Prabowo-Gibran Tanggapi Kritikan Megawati Soal Orde Baru

Muhamad Fajar Riyandanu
28 November 2023, 21:00
TKN Prabowo-Gibran Tanggapi Kritikan Megawati Soal Orde Baru
Katadata/Wahyu Dwi Jayanto
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman

Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran menanggapi pernyataan Ketua Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri terkait ada pihak tertentu yang ingin membangkitkan tradisi politik orde baru saat ini.

Wakil Ketua TKN Habiburokhman menilai, positif pidato Megawati yang berisi semangat untuk mengajak para politisi untuk tetap konsisten menjalankan politik dengan prinsip demokrasi.

Politikus Partai Gerindra itu berpendapat bahwa kekuasaan politik adalah amanah dari rakyat yang harus diraih dengan cara yang terhormat.

"Yang kami tangkap inti pesan beliau adalah agar siapa pun yang sedang memegang kekuasaan tidak bertindak sewenang-wenang dan tidak memanfaatkan kekuasaan untuk kepentingan politik kelompoknya," kata Habiburokhman lewat keterangan tertulis, Selasa (28/11).

Dia juga mendorong para politikus dan pejabat publik untuk tidak melakukan manuver politik yang melanggar prinsip demokrasi hanya karena takut kehilangan kekuasaan.

Pada kesempatan tersebut, Habiburokhman juga menyoroti manuver politik dugaan kecurangan dalam Pilpres 2024 yang sebagian besar dikaitkan dengan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Satu diantaranya adalah isu pakta integritas yang ditandatangani pejabat (Pj) Bupati Sorong Yan Piet Moso dengan Kepala Badan Intelijen Daerah Papua Barat, KSP Silaban.

Pakta tersebut berisi kesanggupan untuk mencari dukungan dan memberikan kontribusi suara minimal 60% untuk Ganjar Pranowo di pilpres 2024.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lona Olavia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...