TKN Prabowo-Gibran Balas Ujaran Timnas Amin Soal Gimik Gemoy Bahaya

Muhamad Fajar Riyandanu
30 November 2023, 04:20
TKN Prabowo-Gibran Balas Ujaran Timnas Amin Soal Gimik Gemoy Bahaya
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (kanan) tiba di lokasi Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 di kompleks Kantor KPU, Jakarta, Senin (27/11/2023). Deklarasi yang dilakukan bersama tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden serta peilan pimpinan 18 partai politik peserta Pemilu 2024 tersebut bertujuan mewujudkan Pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoax, tanpa politisasi SARA, dan tanpa politik uang.

Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta Prabowo-Gibran menanggapi pernyataan Tim Pemenangan Anies-Imin alias Timnas AMIN yang menilai sebutan gemoy untuk calon presiden (capres) Prabowo Subianto adalah praktik kampanye berbahaya.

Hal tersebut didasari oleh kemiripan strategi yang diterapkan sebelumnya oleh Bongbong Marcos, anak dari pemimpin otoritarian Filipina Ferdinand Marcos yang menggaet suara pemilih muda di media sosial. 

Wakil Ketua TKN Fanta Prabowo-Gibran, Dedek Prayudi, mengatakan bahwa semua pasangan capres cawapres menggunakan gimik politik untuk menggaet suara pemilih, khususnya para pemilih muda generasi milenial dan generasi Z. Dua generasi ini menyumbang 113 juta pemilih atau 56,45% dari total keseluruhan suara Pemilu 2024.

Dia mempertanyakan pernyataan Timas AMIN yang menyebut praktik gimik gemoy yang dikampanyekan oleh pasangan Prabowo-Gibran. Alasannya, ujar Dedek, praktik kampanye gemoy bermula dari inisiatif warganet di media sosial.

“Bahayanya di mana? Bahayanya adalah bagi kompetitor, karena ini it works, mengena di masyarakat,” kata Dedek di Kantor Pusat TKN Fanta, Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu (29/11).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lona Olavia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...