Rincian 5 Kali Debat Capres Anies, Prabowo dan Ganjar di Pilpres 2024

Ade Rosman
30 November 2023, 13:01
KPU debat capres
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Ketua KPU Hasyim Asy'ari (tengah) beserta ketiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden menandatangani naskah Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 di kompleks Kantor KPU, Jakarta, Senin (27/11/2023).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI merilis jadwal debat para kandidat calon presiden dan calon wakil presiden yang akan berlaga di kontestasi Pilpres 2024. Anggota KPU August Mellaz mengungkapkan debat akan dilaksanakan sebanyak lima kali dan semuanya digelar di Jakarta.

Menurut Agus debat pertama akan digelar pada 12 Desember dan dilanjutkan 22 Desember 2023. Selanjutnya debat akan digelar pada 7 Januari dan 21 januari 2024. Adapun sesi terakhir akan digelar pada 4 Februari, sepuluh hari sebelum berlangsungnya pemilihan presiden. 

“Nantinya, debat akan ditayangkan di Televisi nasional dengan total durasi 150 menit,” ujar August seperti dikutip Kamis (30/11). 

Pelaksanaan debat di televisi menurut August nantinya akan dibagi dalam enam segmen. Pertama, pembukaan, pembacaan tata tertib dan penyampaian visi, misi, dan program kerja. Pada segmen kedua akan dilakukan pendalaman visi, misi, dan program kerja.

Kemudian segmen ketiga, pendalaman visi, misi, dan program kerja oleh Moderator. Lalu, segmen keempat dan kelima berisi tanya jawab serta sanggahan, dan segmen terakhir untuk penutup.

August mengatakan bahwa berdasarkan dari sejumlah pertimbangan, diputuskan pelaksanaan debat dilakukan seluruhnya di Ibu Kota. Ia menjelaskan bahwa keamanan menjadi salah satu alasan kenapa debat capres dan cawapres digelar di Jakarta. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...