Top News: TikTok Akuisisi Tokopedia, Jokowi Respons Isu Pindah Partai

Aryo Widhy Wicaksono
12 Desember 2023, 05:40
TikTok resmi mengumumkan untuk membuka kembali fitur belanja di dalam aplikasi
ANTARA FOTO/Cahya Sari/sgd/aww.
Pedagang berjualan melalui siaran langsung di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Senin (11/12/2023).

TikTok resmi mengumumkan sebagai pemegang saham pengendali baru PT Tokopedia, entitas bisnis e-commerce dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, setelah memberikan investasi sebesar Rp 22,5 triliun

TikTok kini menguasai 75,01% saham Tokopedia, dan GOTO Grup mempertahkankan kepemilikan 24,99% saham.

Sebagai bagian dari kemitraan strategis tersebut, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia.

Aksi korporasi asal Cina ini menjadi artikel terpopuler dan bagian dari Top News Katadata.co.id. Selain akuisisi TikTok, simak juga bagaimana Presiden Joko Widodo menanggapi isu mengenai kepindahannya dari PDIP ke PAN, serta sosok 11 panelis debat.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. TikTok Jadi Pengendali Baru Tokopedia, Ambil Alih 75% Saham

Platform sosial media, TikTok menjadi pemegang saham pengendali baru PT Tokopedia, entitas bisnis e-commerce PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. TikTok membeli 75,01% saham Tokopedia, sedangkan GOTO Grup tetap mempertahkankan kepemilikan 24,99% saham.

Sebagai bagian dari kemitraan strategis tersebut, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia, di mana TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.

“TikTok akan menginvestasikan lebih dari US$1,5 miliar, sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia,” demikian tulis manajemen GOTO, dalam siaran pers, Senin (11/12).

Transaksi tersebut diharapkan selesai pada kuartal pertama tahun 2024. Kesepakatan ini sejalan dengan langkah Grup GoTo untuk memperkuat posisi keuangan serta strategi perseroan untuk memperluas cakupan pasar (total addressable market).

2. TikTok Akuisisi Tokopedia dari GoTo, Nilainya Ditaksir Rp 22,5 Triliun

TikTok resmi bekerja sama dengan GoTo Gojek Tokopedia pada Senin (11/12) atau sehari menjelang kampanye diskon 12.12. TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia.

TikTok akan menginvestasikan lebih dari US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 22,5 triliun. Ini sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia.

Melalui kemitraan strategis itu, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia.

“TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia,” demikian dikutip dari keterangan pers, Senin (11/12).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...