Penerima Bantuan Beras Bulog Bertambah 700 Ribu Keluarga Mulai 2024

Tia Dwitiani Komalasari
15 Desember 2023, 05:45
Warga memanggul beras usai menerima bantuan dari Presiden Joko Widodo di Gudang Bulog Bondasari, Wiradesa, Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (13/12/2023). Dalam kunjungan itu, Presiden Joko Widodo secara simbolis menyerahkan total bantuan beras sebanyak 10.02
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/nym.
Warga memanggul beras usai menerima bantuan dari Presiden Joko Widodo di Gudang Bulog Bondasari, Wiradesa, Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (13/12/2023). Dalam kunjungan itu, Presiden Joko Widodo secara simbolis menyerahkan total bantuan beras sebanyak 10.020 kilogram kepada 1.002 KPM atau masing-masing mendapatkan 10 kilogram untuk alokasi bulan Desember 2023.

Presiden Jokowi menyampaikan jumlah penerima bantuan pangan Bulog bertambah 8 persen dari penerima sebelumnya untuk alokasi mulai awal tahun 2024. Jika sebelumnya terdapat 21,3 juta keluarga yang mendapatkan bantuan beras, kini bertambah menjadi 22 juta keluarga penerima.

"Pemberian bantuan ini merupakan upaya pemerintah untuk memperkuat daya beli masyarakat. Itu dikarenakan sejumlah harga kebutuhan naik, terutama beras yang diakibatkan oleh menyusutnya produksi beras akibat bencana El Nino yang melanda seluruh dunia", kata Jokowi dalam kunjungan kerjanya ke Gudang Bulog di Pekalongan (13/12) dan Malang (14/12).

Dia mengatakan, program bantuan ini akan dilanjutkan tahun depan dengan terus dilakukan update data penerima. Jokowi berharap bantuan tersebut bisa mengurangi beban masyarakat di tengah kenaikan harga.

Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi, mengatakan data keluarga penerima bantuan diterima dari Kemenko PMK.

"Jumlahnya mengalami update data karena menyesuaikan dengan kondisi riil di lapangan" kata Arief yang ikut mendampingi Presiden Jokowi di Pekalongan dan Malang.

Direktur Human Capital Perum Bulog, Purnomo Sinar Hadi, mengatakan Bulog selaku operator mendukung penuh program pemerintah  yang bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat tersebut. Bulog  menyiapkan stok beras yang dibutuhkan sebaik mungkin.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...