Jusuf Kalla Resmi Dukung Anies-Muhaimin, Tak Ingin Pemimpin Pemarah

Ameidyo Daud Nasution
20 Desember 2023, 00:16
jusuf kalla, anies, muhaimin
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.
Ketua Dewan Penasehat BPP Himpunan Pengusaha KAHMI (HIPKA) Jusuf Kalla memberikan sambutan saat membuka Rapat Kerja Nasional dan pelantikan pengurus HIPKA periode 2023 - 2028 di Jakarta, Selasa (8/2/2023).

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Indonesia Jusuf Kalla memutuskan untuk mendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Pernyataan disampaikan Jusuf Kalla pada Selasa (19/12) di Makassar, Sulawesi Selatan. Kalla menganggap Anies merupakan orang yang tepat untuk memimpin Indonesia di masa depan.

"Bagi JK, yang dua periode menjabat sebagai Wapres RI untuk dua presiden berbeda, Anies adalah murid politiknya," kata Juru Bicara Jusuf Kalla, Husain Abdullah dalam keterangannya, Selasa (19/12). Kalla juga menilai Anies merupakan sosok yang memiliki pengalaman, pengetahuan, kejujuran, dan integritas.

Selain itu, Kalla juga memberikan saran kepada calon pemilih agar memilih pemimpin dengan rekam jejak etika yang baik serta bukan pemarah. Menurutnya, hal ini penting agar presiden mau menerima kritikan masyarakat.

"Pemarah dapat membahayakan bangsa ini, yang secara historis pernah diwarnai konflik dalam negeri seperti di Papua, Aceh, Poso, Ambon, dan Kalimantan," kata Husain.

Dialog Desak Anies di Mataram
Dialog Desak Anies di Mataram (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/nym.)

Selain itu Kalla berharap pemimpin bisa mengerti dasar perekonomian serta tak asal boros dalam membelanjakan anggaran negara. Menurutnya, Anies merupakan sosok yang penuh perhitungan dan mengerti ekonomi.

"Tidak kalah penting, Anies dan Cak Imin memiliki dasar agama yang kuat," kata Husain.

Sedangkan Muhaimin menyambut baik dukungan yang diberikan Jusuf Kalla kepada AMIN. Ia berharap bergabungnya Kalla bisa memberikan kekuatan pasangan ini.

"Baik (yang ada) di Jawa maupun Luar Jawa," kata Muhaimin dalam rekaman video.

Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...