Jokowi Bangun Kodim dan Polres di IKN, Jaga Proyek Vital Ibu Kota Baru

Muhamad Fajar Riyandanu
21 Desember 2023, 15:05
jokowi, ikn, polres, polri
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Polres IKN, Kalimantan Timur, Kamis (21/12). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan gedung Komando Distrik Militer (Kodim) dan Kepolisian Resor (Polres) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Jokowi melaksanakan seremoni groundbreaking itu pada lawatan kunjungan kerja hari kedua di IKN pada Kamis (21/12). Jokowi mengatakan keberadaan Kodim dan Polres di IKN bertujuan untuk memastikan keamanan IKN sebagai proyek vital nasional.

"Sebagai Ibu Kota Negara dan Pusat Pemerintahan, memang IKN ini merupakan proyek vital nasional yang strategis, yang harus dipastikan keamanannya," kata Jokowi dalam siaran pers yang disiarkan oleh Youtube Sekretariat Presiden pada Kamis (21/12).

Jokowi menjelaskan Kodim IKN dibangun di atas lahan seluar 3,29 hektare yang meliputi kantor, hunian personel, pos dan rumah jaga. Selain itu, pengadaan pusat komando pelaksana kewilayahan TNI AD tingkat II itu juga menyediakan sejumlah fasilitas pendukung seperti gudang amunisi, aula, serta prasarana lainnya.

Jokowi berharap keberadaan Kodim IKN yang merupakan Kodim Tipe A ini akan melaksanakan tugas-tugas pengamanan Ibu Kota Negara. Diharapkan Kodim tersebut bisa melindungi IKN dari berbagai bentuk risiko dan gangguan yang mengancam keutuhan bangsa dan negara.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...