Ada Beda Data Dana Awal Kampanye Capres, Bagaimana Penjelasan KPU?

Ade Rosman
22 Desember 2023, 06:08
KPU jelaskan soal Dana kampanye
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/Spt.
Ketua KPU Hasyim Asy'ari (kanan) didampingi Komisioner KPU Betty Epsilon Idroos (kiri) di Media Center KPU, Jakarta, Kamis (21/12/2023).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyediakan laman untuk menunjukkan data dana kampanye tiap pasangan calon yang akan berlaga di Pilpres 2024. Namun, penelusuran Katadata.co.id terdapat perbedaan nominal antara dana kampanye yang tertera di website dengan data yang tersedia dalam file yang diunggah di halaman yang sama. 

Bila merujuk data yang tampil secara terbuka di website infopemilu.kpu.go.id jumlah total dana kampanye untuk pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar Rp 1 miliar. Selanjutnya total dana kampanye untuk pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka Rp 31,43 miliar. Sedangkan dana awal kampanye untuk pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD Rp 23 miliar. 

Dalam halaman yang sama KPU menyediakan file laporan dana awal kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden yang dapat diunggah. Dalam dokumen laporan untuk periode 16 - 26 November 2023 hanya total dana kampanye untuk Prabowo - Gibran yang nominalnya sama. Sedangkan laporan untuk Anies belum tersedia atau tanda strip, dan Ganjar Rp 2,97 miliar. 

Menanggapi adanya perbedaan data ini, Komisioner KPU Divisi Data dan Informasi Betty Epsilon Idroos menilai hal itu sebagai hal yang dapat dimaklumi. Menurut Betty perbedaan terjadi lantaran terdapat dua jenis pengumuman yang disuguhkan KPU melalui laman tersebut.

"Jadi di info Pemilu itu ada dua jenis pengumuman, pertama daily report, yang kedua pengumuman laporan seperti LADK (Laporan Awal Dana Kampanye) dan LPPDK (Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye) yang ada  periodesasinya," kata Betty di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Kamis (21/12).

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...