Keluarga Besar HMI Deklarasi Dukung Anies, Klaim Punya 10 Juta Suara

Amelia Yesidora
27 Desember 2023, 14:09
Anies
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/tom.
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan (kanan) bersama calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (tengah) menerima berkas deklarasi dukungan dari Keluarga Besar Himpunan Mahasiswa Islam (KB HMI) di Jakarta, Rabu (27/12/2023).

Keluarga Besar Himpunan Mahasiswa Islam atau KB HMI mendeklarasikan dukungan untuk pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (AMIN). Deklarasi dukungan ini dibacakan oleh Guru Besar Bidang Ekonomi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Didin S. Damanhuri. 

“Kami mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut satu, Anies Rasyid Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar dalam pemilihan presiden tahun 2024” kata Didin di Swasana Ballroom Lippo Kuningan, Jakarta, Rabu (27/12). Didin merupakan satu dari 11 orang inisiator deklarasi dukungan HMI kepada AMIN. 

Ada empat poin lain yang disampaikan Didin dalam deklarasi tersebut. Pertama, mereka yakin AMIN bisa memberi gagasan dan karya terbaik untuk kemajuan dan kemaslahatan agama, bangsa, dan negara. Kedua, mengajak seluruh komponen bangsa untuk menegakkan demokrasi dan mengakhiri pengendalian Indonesia oleh sekelompok kecil pebisnis, politisi, atau oligarki.

Ketiga, mengajak keluarga besar HMI seluruh dunia mengerahkan segala daya upaya untuk memenangkan AMIN. Keempat, memberi amanah pada AMIN untuk mengerahkan kemampuan agar mewujudkan masyarakat adil dan makmur, bila terpilih menjadi presiden dan wakil presiden.

Calon presiden Anies Baswedan turut hadir dalam deklarasi tersebut. Anies mengatakan dukungan HMI bisa memberi jangkauan yang amat luas. Hal ini didasarkan pada sejarah HMI sebagai salah satu organisasi kemahasiswaan terbesar, kader banyak, dan salah satu yang paling awal berdiri. 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...