Top News: Elektabilitas Prabowo Melesat, Bursa Ancam Depak 38 Emiten

Aryo Widhy Wicaksono
28 Desember 2023, 05:55
Calon presiden-wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di JCC, Jakarta, Jumat (22/12/2023).
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.
Calon presiden-wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di JCC, Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Survei terbaru dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS), menunjukkan terjadinya pergeseran elektabilitas dari calon presiden dan wakil presiden.

Pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka menempati posisi pertama dengan elektabilitas 43,7%.

Hasil survei ini menunjukkan Prabowo - Gibran semakin jauh di atas dua pasangan lainnya. Pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar memiliki elektabilitas 26,1%. sementara pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD 19,4%.

Survei terbaru CSIS ini merupakan salah satu artikel terpopuler dan menjadi bagian dari Top News Katadata.co.id. Selain itu, simak juga bagaimana 38 saham terancam didepak dari Bursa, serta dua startup di Indonesia yang pernah mendapatkan investasi dari Jeff Bezos tutup.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Survei Terbaru CSIS: Prabowo-Gibran Unggul Jauh, Anies Kalahkan Ganjar

Survei terbaru yang dirilis Centre for Strategic and International Studies atau CSIS menunjukkan adanya pergeseran elektabilitas para calon presiden dan wakil presiden. Berdasarkan survei terbaru yang dirilis Rabu (27/12) pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka menempati posisi pertama dengan perolehan 43,7%.

Raihan suara Prabowo - Gibran berada jauh di atas dua pasangan lainnya. Pada posisi kedua ada pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dengan elektabilitas 26,1%. Di urutan ketiga ada pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD dengan elektabilitas 19,4%.

"Dalam survei masih terdapat 6,4% pemilih yang mengaku rahasia dan belum menentukan pilihan. Sedang 4,5% mengaku tidak tahu," ujar Ketua Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes dalam paparan survei.

Menurut survei CSIS pasangan Prabowo - Gibran unggul di hampir semua wilayah. Persaingan ketat terjadi antara Prabowo - Gibran dan Anies - Muhaimin di wilayah Jakarta dan Banten dengan perolehan masing-masing 35,2%. Suara Prabowo dan Anies terpaut tipis di Sumatera dengan perolehan 34,4 % untuk pasangan nomor urut 1 dan 36,5% untuk pasangan nomor urut 2.

2. Viral Baim Wong Jual iPad Rp 1 jutaan, Berikut Spesifikasinya

Aktor Baim Wong menjadi sorotan warganet karena menjual iPad murah Rp 1 jutaan. Berdasarkan tangkapan layar alias screenshot netizen dari Toko Bosque Official Store di Shopee, gadget yang dijual yakni iPad Air 2 WiFi Only.

"Siapa yang bilang iPad mahal? Tidak. Saya beri harga murah! Satu juta!” kata Baim Wong dalam unggahan video di TikTok dan Instagram.

Video Baim Wong tersebut sudah ditonton 10,6 juta kali di TikTok dan 8,7 juta kali di Instagram.

Beberapa warganet mempertanyakan alasan Baim Wong menjual iPad dengan harga murah.

"iPad refurbished?" tulis @arsipaja yang mengunggah video Baim Wong di X atau Twitter. Video ini ditonton 1,5 juta kali. Refurbished adalah produk yang telah digunakan oleh konsumen, lalu dibongkar dan dimodifikasi.

3. 38 Saham Terancam Didepak dari Bursa di 2023, Ada WSKT hingga SRIL

Bursa Efek Indonesia atau BEI mengeluarkan surat peringatan delisting atau penghapusan pencatatan saham kepada 38 perusahaan sepanjang 2023.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...