TPN Ungkap Riset Internal: Ganjar Bertemu Prabowo di Putaran 2 Pilpres

Ade Rosman
28 Desember 2023, 05:40
Ganjar
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/tom.
Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden (TPN GP), Andi Widjajanto bersiap memberikan keterangan pers di Media Center TPN, di Jakarta, Jumat (20/10/2023).

Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo - Mahfud MD, Andi Widjajanto mengungkap temuan penelitian yang dilakukan usai pelaksanaan dua kali debat. Menurut Andi penelitian dilakukan dengan menggabungkan tiga metode yakni survei konvensional, focus group Discussion (FGD) di puluhan kota, dan analisis media.

"Dari gabungan metode itu terutama setelah debat kedua, kami melihat bahwa posisinya Mas Ganjar dengan Pak Mahfud itu secara signifikan membaik," kata Andi dalam konferensi pers di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (27/12).

Andi mengungkapkan, dari temuan TPN dalam tujuh hari terdapat peningkatan elektabilitas Ganjar-Mahfud sekitar 2 persen. Menurut Andi dalam temuan terdahulu sentimen terhadap Ganjar berada di angka 35. Angka ini naik dalam 24 jam terakhir menjadi 37. 

“Prabowo di 7 hari yang lalu ada di 42,6, lalu hari ini ada di 41,1, Mas Anies 7 hari yang lalu ada di 22 lalu stabil di 21,7," kata Andi.

Andi mengklaim, metode itu telah dicobanya sejak 2018 lalu. Menurut Andi bila tak ada peristiwa tak terhingga, suara dari tiga paslon akan stabil hingga hari pencoblosan, 14 Februari 2024.

Sentimen Pasca Debat

Secara keseluruhan, Andi mengatakan TPN memiliki gambaran sentimen setelah 7 hari debat kedua digelar. "Mas Ganjar sentimen positifnya tembus 40 persen di angka 41,2%, lalu Pak Mahfud sentimen positifnya di 38,4. Negatifnya Mas Ganjar ada di angka 15%, negatifnya Pak Mahfud ada di 18,6%," kata Andi. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...