Profil Indra Charismiadji, Jubir AMIN yang Ditahan Kasus Perkara Pajak

Yuliawati
Oleh Yuliawati
28 Desember 2023, 17:23
Politikus Nasdem Indra Charismiadji ditahan Kejaksaan Negeri Jakarta Timur karena kasus dugaan penggelapan pajak pada Selasa (26/12).
Instagram/Indra Charismiadji
Politikus Nasdem Indra Charismiadji ditahan Kejaksaan Negeri Jakarta Timur karena kasus dugaan penggelapan pajak pada Selasa (26/12).

Politikus Nasdem Indra Charismiadji ditahan Kejaksaan Negeri Jakarta Timur karena kasus dugaan penggelapan pajak pada Selasa (26/12). Juru Bicara Tim Nasional Anies Baswedan-Muhaimin itu diduga menggelapkan uang pajak perusahaan Rp 1,1 miliar.

Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Timur Imran menjelaskan penahanan Indra terkait prosedur pelimpahan berkas tahap dua atau siap untuk dipersidangkan. Indra dan tersangka lainnya, Ike Andriani, diduga melakukan tindak pidana pajak dengan menerbitkan dan atau menggunakan faktur pajak yang tidak berdasarkan transaksi yang sebenarnya dalam periode Januari hingga Desember 2019.

Tim Hukum Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mengajukan penangguhan penahanan bagi Indra. "Kami sudah mengajukan surat pengajuan penundaan penahanan dan ada penjaminan juga semoga bisa berjalan baik," kata Ketua Umum THN AMIN Ari Yusuf Amir di Jakarta, Kamis (28/12).

Ari mengatakan bahwa proses hukum yang menimpa Indra Charismiadji menjadi pertanyaan bagi THN AMIN karena Kejaksaan Agung sudah memberikan surat edaran ketika masa kampanye. Sehingga, kasus-kasus hukum calon anggota legislatif, capres, dan cawapres harus ditangguhkan terlebih dahulu.

Apalagi, kata Ari, kasus yang menjerat Indra Charismiadji masuk kategori ringan tidak seperti kasus penggelapan pajak yang lainnya. "Ini ada apa kasusnya sederhana? Simpel kecil, tetapi dilakukan penahanan. Masa selevel seorang kajari tidak mengetahui perintah dari Jaksa Agung itu yang kami sesalkan," ujarnya.

Lulusan Amerika yang Kembangkan Bisnis Pendidikan

Dikutip dari laman resmi Indracharismiadji.com, pria kelahiran Bandung pada 9 Maret 1976 ini lulusan University of Toledo di Ohio, Amerika Serikat. Dari universitas itu ia meraih gelar ganda bidang keuangan dan pemasaran di jenjang strata satu. Setelah itu, dia melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi di Dana University di Ottawa Lake, Michigan, Amerika Serikat.

Setelah lulus kuliah, Indra bekerja di perusahaan tingkat dunia di Amerika Serikat seperti Merril Lynch, Omnicare, dan Dana Corporation. Pada 2002, Indra memutuskan untuk kembali ke tanah air dan mengembangkan bisnis pendidikan di Indonesia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...