KPU Tak Ubah Alur dan Format Debat Ketiga Capres

Ade Rosman
3 Januari 2024, 18:29
debat, kpu, debat capres
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/app/nz.
Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan (kedua kanan) dan Muhaimin Iskandar (kanan) bersama pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto (ketiga kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (ketiga kanan) serta pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kiri) dan Mahfud MD (kedua kiri) menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023).
Button AI Summarize

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan tak akan ada perubahan alur dan format debat capresketiga yang akan digelar pada Minggu (7/1) mendatang. Debat tersebut akan menjadi ajang tiga calon presiden kembali beradu gagasan dengan tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

"Secara prinsip alur dan kemudian format debat tidak akan berubah, perubahan itu akan terjadi karena lokasinya akan berbeda," kata Komisioner KPU August Mellaz sebelum rapat dengan tim paslon di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu (3/1).

Kendati ada perubahan lokasi, KPU mengupayakan agar tata ruang debat tak mengalami perubahan dari debat kedua yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) beberapa waktu lalu. Sedangkan lokasi debat ketiga belum dibocorkan oleh KPU.

Mellaz mengatakan, rapat yang digelar sore ini pun salah satunya memperdalam apa yang telah dibahas antara KPU dengan media penyelenggara terkait urusan lokasi dan tata lokasi.

"Kemudian kita bisa mendapatkan pemaparan dari tim media penyelenggara dan nanti teman-teman dari tim paslon 1, 2, 3 bisa melalukan respons," kata Mellaz.

Sebelumnya, KPU telah menggelar dua debat. Pada debat pertama, tiga calon presiden saling adu gagasan dalam tema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga yang digelar Selasa 12 Desember 2023.

Kemudian pada debat kedua, giliran tiga cawapres yang saling menyampaikan pemikirannya dalam tema ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan, yang diselenggarakan pada 22 Desember 2023. 

Debat pertama digelar di Kantor KPU yang berada di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat. Sedangkan debat kedua yang mempertemukan cawapres dihelat di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...