Amankan Debat Ketiga Pilpres 2024, Polda Metro Kerahkan 3.041 Personel

Image title
7 Januari 2024, 10:39
Pilpres 2024
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, Gedung Polda Metro Jaya
Button AI Summarize

Untuk mengamankan debat ketiga Pilpres 2024, yang akan berlangsung di Istora Senayan, Gelora Bung Karno, Minggu (7/1), Polda Metro Jaya mengerahkan 3.041 personel gabungan.

Mengutip Antara, Kabid Humas Polda Metro Jaya Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan, 3.041 personel gabungan yang akan dikerahkan, terdiri dari 2.877 personel Polri. Ini terdiri dari Satgaspus 727 sebanyak personel, Satgasda 2.000 personel, dan Satgasres 100 personel.

Kemudian, 120 personel TNI, yang terdiri dari 100 personel TNI Angkatan Darat (AD), dan 20 personel Polisi Militer (POM) AD. Lalu, 94 personel Pemda DKI, yang terdiri dari Satpol PP sebanyak 40 personel, Dishub 35 personel, Derek 5 personel dan Damkar 14 personel.

"Pengamanan personel gabungan Polri, TNI dan Pemerintah Provinsi DKI ini, sesuai dinamika hakekat tugas fungsi sasaran pengamanan debat ketiga Pilpres 2024, melalui satgas preemtif, preventif, humas dan bantuan operasi," ujarnya.

Selain mengerahkan ribuan personel gabungan, Polda Metro Jaya juga menutup sebagian pintu akses GBK untuk pengamanan debat ketiga Pilpres 2024. Pintu akses yang ditutup yakni pintu satu, dua, tiga, empat, enam, sembilan, 11 dan 12.

Sementara, pintu lima dan delapan hanya digunakan untuk akses keluar. Adapun, pintu tujuh dan 10, akan digunakan untuk pintu akses masuk dan keluar.

Polda Metro Jaya juga menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan GBK. Namun, penerapan rekayasa lalu lintas ini bersifat situasional.

Rekayasa lalu lintas yang disiapkan oleh Ditlantas Polda Metro Jaya sebagai langkah antisipasi jelang debat Pilpres 2024, antara lain:

  • Arus lalu lintas yang dari Jalan Gatot Subroto yang akan menuju ke Jalan Gerbang Pemuda diarahkan lurus ke Jalan Gatot Subroto arah Slipi.
  • Arus lalu lintas dari arah Jalan Asia Afrika diarahkan lurus ke arah Jalan Hang Tuah Raya.
  • Arus lalu lintas yang dari Bundaran Senayan yang akan menuju ke Jalan Pintu Senayan diarahkan lurus ke Jalan Jenderal Sudirman.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...