Narasi Kunci Prabowo untuk Memenangkan Debat Capres 7 Januari

Muhamad Fajar Riyandanu
6 Januari 2024, 07:00
presiden, debat capres, pemilu 2024
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/Spt.
Calon Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menyapa pendukungnya saat menghadiri deklarasi dukungan dari Gerakan Muslim Persatuan Indonesia Cinta Tanah Air (Gempita) di Grand Ballroom Sudirman, Bandung, Jawa Barat, Rabu (27/12/2023). Dalam kunjungan ke Bandung, Prabowo berkesempatan untuk menghadiri deklarasi dukungan dari Gempita untuk Pemilu Presiden pada Februari 2024 mendatang.
Button AI Summarize

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat calon presiden ketiga di Istora Senayan Jakarta pada Ahad (7/1). Debat yang berlangung selama 150 menit itu membahas isu seputar pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.

Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran yakin Prabowo unggul dalam debat itu karena punya latar belakang pendidikan militer dan saat ini menjabat sebagai menteri pertahanan.

Merujuk dokumen visi dan misi bertajuk 'Bersama Indonesia Maju', pasangan Prabowo - Gibran menawarkan sejumlah gagasan terkait aspek pertahanan. Salah satunya, meningkatkan jumlah anggaran pertahanan secara bertahap untuk memenuhi kekuatan optimal dan melakukan modernisasi alat utama sistem senjata TNI.

Selain itu, pasangan calon yang diusung oleh anggota partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu juga menawarkan program akselerasi kemampuan industri strategis nasional dalam memenuhi kebutuhan alat utama sistem senjata bagi TNI/Polri.

Sementara terkait isu Geopolitik, Prabowo berjanji mengembalikan wibawa politik luar negeri Indonesia sebagai negara yang besar dan berdaulat di mata masyarakat internasional jika dirinya. Hal tersebut disampaikan Prabowo  pada agenda bertajuk 'Pidato Calon Presiden RI: Arah dan Strategi Politik Luar Negeri', disiarkan Youtube CSIS Indonesia pada Senin (13/11)

Prabowo juga menekankan pentingnya menjalankan strategi diplomasi yang cerdas dan terukur dalam menjamin kebutuhan dan kesatuan negara. Menurut Prabowo, strategi diplomasi luar negeri yang efektif juga dapat menjadi penentu bagi jalannya perekonomian domestik yang stabil.

"Untuk itu, agar perekonomian kita bisa berkembang, kita memerlukan perdamaian dan stabilitas. Kita membutuhkan hubungan baik dengan semua negara," kata Prabowo.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...