Debat Capres: Anies Fokus Infrastruktur Siber, Prabowo Ingatkan SDM

Ira Guslina Sufa
7 Januari 2024, 20:06
Anies Baswedan
Youtube/KPU
Button AI Summarize

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menjelaskan sejumlah program di bidang pembangunan siber dan pemanfaatan teknologi yang akan diambil bila nanti terpilih menjadi presiden. Hal itu disampaikan Anies saat menjabat pertanyaan dari panelis tentang upaya yang akan dilakukan capres untuk memperluas akses teknologi dan memanfaatkannya untuk pertahanan negara. 

Menurut Anies persoalan siber merupakan ancaman non tradisional yang harus bisa dikelola dengan baik. “Pertahanan negara yang tangguh dapat dicapai dengan teknologi siber, dan kecerdasan buatan,” ujar Anies. 

Anies menjelaskan salah satu hal yang akan dilakukan dalam pemanfaatan teknologi salah satunya adalah berkaitan dengan pembangunan infrastruktur pertahanan siber yang serius. Pengembangan teknologi informasi menurut dia akan melibatkan komponen masyarakat dalam pertahanan semesta. 

Selain itu ia mengatakan pemerintah perlu menyediakan teknologi terbaru. Hal itu menurut dia diperlukan untuk menjadi strategi penangkalan. “Kita harus punya mekanisme merespon balik apabila kondisi serangan sehingga memiliki kecepatan untuk kembali,” ujar Anies. 

Pada kesempatan itu, Anies pun mempertanyakan kinerja pemerintahan lima tahun terakhir dalam membangun sistem pertahanan siber, termasuk dalam hal alokasi anggaran. Ketika anggaran yang besar dialokasikan bukan untuk pertahanan terhadap serangan siber paling moderen, menurut dia, hal itu merupakan ancaman yang paling nyata.

"Ini adalah ancaman yang paling nyata, dirasakan di seluruh keluarga, bukan hanya di sektor pemerintahan," kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...