Tim Hukum Anies Urung Laporkan Ihwal Penurunan Videotron, Ada Apa?

Amelia Yesidora
17 Januari 2024, 15:04
timnas AMIN Anies
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/Spt.
Co-Captain Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) Sudirman Said memberikan pidato politiknya pada acara Deklarasi Advokat Tim Hukum Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (THN AMIN) Jawa Tengah di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (5/1/2024).
Button AI Summarize

Tim Hukum Nasional Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar mengurungkan niat untuk melaporkan kasus penurunan iklan videotron yang berisi konten sosialisasi Anies Baswedan. Ketua THN AMIN, Ari Yusuf Amir, mengatakan tindakan itu diambil lantaran Olppaemi Project yang memasang videotron Anies itu menolak tawaran pendampingan hukum yang disampaikan timnas. 

“Memang mereka tidak ingin kami dampingi, mereka bilang biarlah kami selesaikan sendiri. Kami sediakan lawyer juga mereka tidak mau,” kata Ari saat ditemui di Rumah Pemenangan AMIN, Rabu (17/1).

Di media sosial twitter gerakan kolektif Ollpaemi Project menyatakan ada hal yang di luar kuasa mereka sehingga videotron tersebut turun. Ari mengatakan dari sisi THN AMIN menemukan adanya intimidasi agar tidak ada publikasi untuk paslon nomor urut satu itu. 

Padahal, menurut Ari, videotron ini bukanlah alat peraga kampanye alias APK karena hanya memuat foto Anies Baswedan. Olppaemi Project juga sudah melakukan pemasangan sesuai prosedur, mulai dari izin hingga pembayaran kontrak. 

Ari menjelaskan Timnas AMIN sudah berkomunikasi dengan Olppaemi Project terkait alasan penurunan videtron di Bekasi dan Jakarta. Komunikasi ini dilakukan oleh Tim Kemenangan Daerah Jawa Barat, lantaran gerakan ini berbasis di Bekasi, Jawa Barat.

Kronologi yang Ari dapatkan, pihak swasta yang menurunkan videotron tersebut, namun arahan menurunkan itu datang dari pemerintah daerah setempat. Pihak Olppaemi Project tidak menceritakan kronologi ini pada THN, sehingga THN masih mencari fakta dan bukti terkait.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...