Serba Serbi Debat Cawapres Kedua, Ada HT hingga Moderator Perempuan

Amelia Yesidora
17 Januari 2024, 17:16
Debat
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/tom.
Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (kiri), cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka (tengah), dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD (kanan) bergandengan tangan usai mengikuti debat cawarpres di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/12/2023).
Button AI Summarize

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat keempat dalam rangkaian pemilihan presiden 2024. Debat akan dilaksanakan pada Minggu (21/1) mendatang. 

Dalam debat kali ini, tiga orang calon wakil presiden akan berlaga. Mereka ialah Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD. 

Komisioner KPU August Mellaz menjelaskan secara keseluruhan debat keempat ini masih sama seperti debat sebelumnya. Debat akan dipandu oleh dua orang moderator. Begitu juga dengan jumlah panelis, masih sama yakni 11 orang yang sudah diseleksi sebelumnya.

“Untuk panelis, kami sudah mendapatkan konfirmasi kesediaan dari 11 orang yang akan kami karantina nanti, Jumat (19/1)” kata Komisioner KPU August Mellaz pada wartawan di KPU, Rabu (17/1). 

Meski begitu Mellaz mengatakan terdapat sejumlah hal yang menjadi catatan dari evaluasi yang telah digelar bersama tim dari tiga pasangan capres dan cawapres. Evaluasi tersebut lebih pada menguatkan sejumlah hal untuk memastikan pelaksanaan debat keempat lancar. 

Apa saja hal penting yang telah disiapkan KPU untuk menghadapi debat keempat? 

Serba-serba Debat Keempat Pilpres 2024

  • Tiap naradamping atau liaison officer (LO) dibekali protofon atau handy talkie (HT).

Mellaz menyebut untuk memastikan kelancaran debat, KPU akan memperkuat koordinasi dan kerja sama dengan tim naradamping atau liaison officer (LO) dari masing-masing tim pemenangan capres. Menurut Mellaz nantinya akan ada tiga pihak yang memegang HT, yakni super LO yang punya akses penuh, tim KPU RI, hingga media penyelenggara. 

Mellaz menjelaskan masing-masing calon presiden dan wakil presiden punya super LO. Tujuannya untuk memudahkan komunikasi untuk mengawasi debat. 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...