Adaro dan Grup Djarum Ungkap Sikap Usai Disebut Boy Thohir Soal Capres

Ira Guslina Sufa
24 Januari 2024, 10:07
Adaro
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/tom.
Presiden Direktur PT Adaro Energy Indonesia Tbk (Adaro) Garibaldi Thohir memberikan keterangan pers di Jakarta, Kamis (11/5/2023).
Button AI Summarize

Manajemen PT Adaro Energi Indonesia Tbk. mengumumkan sikap resmi perusahaan dalam menghadapi pemilihan presiden yang berlangsung pada Rabu (14/2) mendatang. Pengumuman itu dibuat sebagai respons atas pernyataan Direktur Utama Adaro Garibaldi Thohir atau biasa dikenal Boy Thohir saat menghadiri silaturahmi relawan Erick Thohir alumni Amerika Serikat atau ETAS pada Senin (22/1) malam. 

Head of Corporate Communication Adaro Febriati Nadira mengatakan perusahaan menghormati dan menjamin kebebasan seluruh karyawannya dalam pemilihan presiden 2024. Ira menyatakan pernyataan Boy Thohir merupakan pendapat pribadi. Meski Boy Thohir sebagai salah satu pemegang saham Adaro Group, pendapatnya tak mewakili perusahaan

"⁠Partisipasi setiap individu dalam politik adalah hak konstitusional dasar dan kebebasan warga negara, yang diatur oleh undang-undang dan peraturan negara lainnya," kata Ira kepada Katadata seperti dikutip Rabu (24/1). 

Ira mengatakan ⁠Adaro sebagai perusahaan yang berkomitmen menjalankan Good Corporate Governance (GCG). Dengan begitu perusahaan menghormati dan menjamin kebebasan seluruh karyawan dalam kehidupan dan partisipasi politik. 

Sebelumnya dalam pertemuan relawan ETAS dengan calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto, Boy mengatakan para relawan siap mendukung pasangan Prabowo - Gibran Rakabuming Raka di pilpres 2024. Dalam pertemuan yang berlangsung di kawasan Senayan, Jakarta, itu hadir lebih dari 100 orang relawan ETAS. 

Menurut Boy mereka yang hadir di acara tersebut merupakan para konglomerat Tanah Air. Ia menyatakan meski jumlahnya sedikit namun relawan ETAS merupakan penopang sepertiga perekonomian Indonesia. 

“Jadi kalau mereka-mereka mulai dari Djarum Group, Sampoerna Group, Adaro Group, siapa lagi, pokoknya grup-grup semua ada di sini,” ujar Boy seperti dikutip dari Antara. 

“Jadi, izin Bapak, terima kasih atas kehadirannya. Luar biasa buat semangat kami."

Senada dengan Ira Corporate Communication Djarum Group Budi Darmawan tak bayak berkomentar soal pernyataan Boy. Ia mengatakan perseroan tidak bisa mendeklarasi dukungan dalam pilpres tersebut. 

"Kami tidak declare soal tersebut. Murni dari Pak Boy Thohir," ujarnya kepada Katadata, Selasa (23/1).

Sementara itu Corporate Communication Executive PT HM Sampoerna Tbk Hindra Liauw hingga berita ini diturunkan, belum memberikan tanggapannya.

Prabowo Sampaikan Terima Kasih

Menanggapi dukungan dari relawan ETAS, Prabowo meyakini akan menjadi kekuatan baru yang membantu dia dan Gibran Rakabuming Raka menang Pilpres 2024. Menteri pertahanan itu pun mengaku terharu mendapat dukungan begitu besar dari berbagai kelompok masyarakat.

"Ini kehormatan yang besar. Baru saya paham sekarang, kenapa saya dua kali kalah pilpres, karena dulu saya nggak diundang ke sini (bertemu relawan ETAS)," kata Prabowo di hadapan para relawan seperti dikutip Selasa (23/1). 

Menurut Prabowo dukungan dari para relawan ETAS memberi semangat baru untuknya. Ia pun menyatakan terima kasih kepada para relawan yang berasal dari berbagai latar belakang usaha dan pendidikan malam itu. 

“Semua, saya kira ada jalannya, ada maksudnya. Jadi, saya sangat terima kasih; dan di mana-mana saya bisa dikatakan terharu dengan kepercayaan begitu besar diletakkan di pundak saya," kata Prabowo.

Di lokasi yang sama, inisiator pertemuan lainnya yakni bos pinjaman online (pinjol) Adakami Bernardino Moningka Vega menyampaikan ETAS meyakini Prabowo merupakan pemimpin yang kompeten, terutama dilihat dari visi dan misinya.

"Saya setuju (Pilpres 2024) sekali putaran, the next president of the Republic of Indonesia," kata Bernardino yang akrab disapa Dino.

Setelah menerima dukungan itu, Prabowo pun mengundang para relawan ETAS untuk datang ke kediamannya di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Undangan itu disampaikan Prabowo setelah salah satu dari mereka mengusulkan ada pertemuan lanjutan di Hambalang.

Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...