Top News: Mahfud MD Mengundurkan Diri, Dana Bansos Jokowi Catat Rekor

Aryo Widhy Wicaksono
1 Februari 2024, 05:45
Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD (tengah) di Kedai Borjuis, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024).
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/aww.
Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD (tengah) di Kedai Borjuis, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024).
Button AI Summarize

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, resmi mengumumkan pengunduran diri dari kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam waktu dekat Mahfud berencana menghadap Presiden Jokowi, untuk menyerahkan surat.

Rencananya, Mahfud akan meminta waktu kepada Presiden, setelah Jokowi kembali beraktivitas di Istana Negara, usai menyelesaikan tugas ke luar kota.

Pengumuman ini merupakan salah satu artikel terpopuler dan menjadi bagian dari Top News Katadata.co.id. Selain pengunduran diri Mahfud, ketahui juga bagaimana alokasi dana bantuan sosial di era Jokowi mencatatkan rekor, serta Tiktok yang menuntaskan investasi sebesar 34 triliun ke Tokopedia.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Breaking: Mahfud Resmi Umumkan Pengunduran Diri dari Kabinet

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD resmi mengumumkan pengunduran dirinya dari kabinet. Mahfud mengatakan dirinya akan menghadap Presiden Joko Widodo untuk menyerahkan surat setelah Presiden kembali ke Jakarta.

"Saya akan laporakn bahwa saya sudah selesai," kata Mahfud di Lampung Tengah, seperti disiarkan dalam Youtube Rabu (31/1).

Dalam pernyataan pers itu, Mahfud membawa surat yang rencananya akan diserahkan kepada Jokowi. Mahfud juga mengatakan pengunduran dirinya ini menunggu momen yang tepat.

"Presiden ada di luar Jakarta sampai Kamis. Saya juga baru kembali ke Jakarta Kamis. Secepatnya kami bisa bertemu," katanya.

2. IHSG Diramal Kembali Naik, Saham ASII, BBRI, GOTO Direkomendasikan

Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG diprediksi kembali melanjutkan tren penguatan pada perdagangan Rabu (31/1). Selasa kemarin, bursa saham domestik ditutup dengan kenaikan 0,49% ke posisi 7.192.

Meski demikian, Phintraco Sekuritas mengatakan investor mencermati rilis data inflasi yang diperkirakan melandai dari 2,61% secara tahunan atau year on year (yoy) pada Desember 2023, menjadi 2,58% yoy pada Januari 2024.

"Inflasi Indonesia cenderung stabil dalam rentang asumsi APBN di kisaran 2% sampai 4% yoy," tulis Phintraco dalam risetnya, Rabu (31/1).

Di sisi lain, Tiongkok dijadwalkan merilis indeks manufaktur yang diperkirakan sedikit membaik ke 49,2 di Januari 2023 dari 49 di Desember 2023. Sementara Jepang dijadwalkan mempublikasikan data produksi industri, penjualan ritel dan consumer confidence di Desember 2023.

3. Dana Bansos Era Jokowi Hampir Rp 500 T, Tertinggi dalam Sejarah

Pemerintah Joko Widodo (Jokowi) makin gencar menyalurkan bantuan sosial (bansos) pada tahun ini. Sehingga alokasi anggaran program perlindungan sosial (perlinsos) pada tahun politik 2024 ini berpotensi mencetak rekor baru.

Dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), Kementerian Keuangan mengalokasikan anggaran perlinsos sebesar Rp 496,8 triliun pada 2024. Nilai ini meningkat 12,02% yoy dibandingkan realisasi 2023 sebesar Rp 443,5 triliun.

Besarnya angka ini tidak beda jauh dengan realisasi 2020 sebesar Rp 498 triliun karena untuk meredam dampak Covid-19. Namun seiring pemulihan ekonomi, dana perlinsos mulai susut pada 2021 dan 2022 masing-masing menjadi Rp 468,2 triliun dan Rp 460,6 triliun.

Memasuki tahun politik, anggaran perlinsos kembali naik. Hal ini seiring dengan rencana pemerintah menggulirkan program bantuan langsung tunai (BLT) mitigasi risiko pangan kepada 18,8 juta kelompok penerima manfaat (KPM) yang merogoh kocek Rp 11,25 triliun.

4. Membaca Gerak Lincah Jokowi dan Efek Elektoral Pilpres di Jawa Tengah

Gerak-gerik Presiden Joko Widodo (Jokowi) blusukan ke Jawa Tengah (Jateng) dan Yogyakarta mendapat sorotan sejumlah pihak. Lawatan dinas presiden ke daerah bekas pusat pemerintahan Kesultanan Mataram itu kian sering dalam sebulan terakhir.

Tercatat, Jokowi telah mengunjungi Jateng sebanyak tiga kali sejak awal Januari tahun ini. Langkah presiden ini dianggap sejumlah pengamat sebagai cara untuk mengamankan basis suara pemilih pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka dalam pencoblosan Pilpres 14 Februari mendatang.

Meski tidak menyatakan dukungan terbuka secara lisan atau tulisan, gerak Jokowi sering tampil bersama Prabowo - Gibran dan pendukungnya dinilai cukup merepresentasikan keberpihakan Jokowi pada pasangan nomor urut 2 itu.

Di peta pilpres nasional Jawa Tengah menjadi provinsi dengan jumlah pemilih terbesar ketiga di bawah Jawa Barat dan Jawa Timur.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum jumlah daftar pemilih tetap atau DPT di Jawa Barat pada pilpres 2024 adalah 28,2 juta.

Di Jawa Tengah saat ini suara Prabowo - Gibran masih belum menang signifikan dibanding pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD. Sejumlah survei menunjukkan suara Prabowo - Gibran baru memperoleh 38.7% suara di Jawa Tengah. Tertinggal dari pasangan Ganjar - Mahfud yang meraih 40.3%. Survei dilakukan pada 12-26 Januari dengan menyasar 1.200 responden dan margin of error 2,9%.

5. TikTok Resmi Tuntaskan Investasi Rp 34 Triliun di Tokopedia

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mengumumkan TikTok resmi menyelesaikan transaksi investasinya di Tokopedia Rp 34 triliun. Hal ini setelah perusahaan mencapai kesepakatan pada 11 Desember 2023 lalu.

Berdasarkan dokumen keterbukaan informasi yang disampaikan pada Rabu (31/1), manajemen GOTO menyebutkan bahwa 75,01% saham Tokopedia resmi dimiliki TikTok. Sementara itu 24,99% sisa saham tetap dimiliki oleh GOTO.

“Hari ini kami menyelesaikan transaksi kerja sama dengan TikTok, yang akan terus memberikan manfaat kepada Indonesia dan para pelaku UMKM,” kata Direktur Utama Grup GoTo, Patrick Walujo, dalam siaran pers.

“Ini juga merupakan langkah besar bagi Grup GoTo. Setelah mencapai EBITDA yang disesuaikan positif pada kuartal keempat 2023, kami akan mengakselerasi pertumbuhan kami, salah satunya melalui dukungan dan kerjasama dengan ekosistem mitra bisnis perseroan,” tegasnya.

 

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...