Top News: Mahfud MD Mengundurkan Diri, Dana Bansos Jokowi Catat Rekor

Aryo Widhy Wicaksono
1 Februari 2024, 05:45
Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD (tengah) di Kedai Borjuis, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024).
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/aww.
Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD (tengah) di Kedai Borjuis, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024).
Button AI Summarize

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, resmi mengumumkan pengunduran diri dari kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam waktu dekat Mahfud berencana menghadap Presiden Jokowi, untuk menyerahkan surat.

Rencananya, Mahfud akan meminta waktu kepada Presiden, setelah Jokowi kembali beraktivitas di Istana Negara, usai menyelesaikan tugas ke luar kota.

Pengumuman ini merupakan salah satu artikel terpopuler dan menjadi bagian dari Top News Katadata.co.id. Selain pengunduran diri Mahfud, ketahui juga bagaimana alokasi dana bantuan sosial di era Jokowi mencatatkan rekor, serta Tiktok yang menuntaskan investasi sebesar 34 triliun ke Tokopedia.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Breaking: Mahfud Resmi Umumkan Pengunduran Diri dari Kabinet

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD resmi mengumumkan pengunduran dirinya dari kabinet. Mahfud mengatakan dirinya akan menghadap Presiden Joko Widodo untuk menyerahkan surat setelah Presiden kembali ke Jakarta.

"Saya akan laporakn bahwa saya sudah selesai," kata Mahfud di Lampung Tengah, seperti disiarkan dalam Youtube Rabu (31/1).

Dalam pernyataan pers itu, Mahfud membawa surat yang rencananya akan diserahkan kepada Jokowi. Mahfud juga mengatakan pengunduran dirinya ini menunggu momen yang tepat.

"Presiden ada di luar Jakarta sampai Kamis. Saya juga baru kembali ke Jakarta Kamis. Secepatnya kami bisa bertemu," katanya.

2. IHSG Diramal Kembali Naik, Saham ASII, BBRI, GOTO Direkomendasikan

Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG diprediksi kembali melanjutkan tren penguatan pada perdagangan Rabu (31/1). Selasa kemarin, bursa saham domestik ditutup dengan kenaikan 0,49% ke posisi 7.192.

Meski demikian, Phintraco Sekuritas mengatakan investor mencermati rilis data inflasi yang diperkirakan melandai dari 2,61% secara tahunan atau year on year (yoy) pada Desember 2023, menjadi 2,58% yoy pada Januari 2024.

"Inflasi Indonesia cenderung stabil dalam rentang asumsi APBN di kisaran 2% sampai 4% yoy," tulis Phintraco dalam risetnya, Rabu (31/1).

Di sisi lain, Tiongkok dijadwalkan merilis indeks manufaktur yang diperkirakan sedikit membaik ke 49,2 di Januari 2023 dari 49 di Desember 2023. Sementara Jepang dijadwalkan mempublikasikan data produksi industri, penjualan ritel dan consumer confidence di Desember 2023.

3. Dana Bansos Era Jokowi Hampir Rp 500 T, Tertinggi dalam Sejarah

Pemerintah Joko Widodo (Jokowi) makin gencar menyalurkan bantuan sosial (bansos) pada tahun ini. Sehingga alokasi anggaran program perlindungan sosial (perlinsos) pada tahun politik 2024 ini berpotensi mencetak rekor baru.

Dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), Kementerian Keuangan mengalokasikan anggaran perlinsos sebesar Rp 496,8 triliun pada 2024. Nilai ini meningkat 12,02% yoy dibandingkan realisasi 2023 sebesar Rp 443,5 triliun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...